nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketahui Penyebab Lambung Bocor Sebelum Terlambat

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 10 Mei 2017 16:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 10 481 1687973 ketahui-penyebab-lambung-bocor-sebelum-terlambat-7gKsdl0D50.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

LAMBUNG bocor atau perforasi gastrointestinal bisa saja dialami setiap orang yang tidak dapat menjaga pola makannya. Anda harus tahu gejalanya supaya dapat dicegah.

Dilansir Healthline, Rabu (10/5/2017), perforasi gastrointestinal terjadi saat lubang terbentuk sepanjang jalan melalui perut, usus besar, atau usus halus. Hal ini dapat disebabkan oleh sejumlah penyakit yang berbeda, termasuk radang usus buntu atau akibat trauma tusukan.

Kebocoran ini juga bisa terjadi di kantong empedu atau pembengkakan selaput yang melapisi rongga perut. Pada kasus fatal, lambung bocor ini dapat mengancam nyawa pasiennya.

Gejalanya hampir mirip dengan maag yakni nyeri di bagian perut. Bagian pencernaan akan terasa tidak nyaman akibat kambung bocor.

Tak hanya di bagian perut, tinja pasien lambung bocor juga mengalami kelainan. Juga, mereka akan jarang buang air kecil.

Lambung bocor juga kerap dialami oleh radang usus buntu, radang paru, atau penyakit pencernaan lainnya. Hal ini tentu dapat menurunkan kualitas hidup pasien.

Karena itu, Anda harus bisa mencegah faktor risikonya. Caranya dengan memperbanyak makan serat, menjauhi minuman beralkohol dan tidak merokok.

Lambung bocor bisa dideteksi dengan endoskopi. Anda bisa skrining segera bila ada keluhan gejalanya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini