4 Manfaat Sehat Rutin Mengonsumsi Kacang Hitam

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 11 Mei 2017 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 10 481 1688212 4-manfaat-sehat-rutin-mengonsumsi-kacang-hitam-4wEMIeFbua.jpg Ilustrasi (Foto: Seriouseat)

KACANG hitam dikemas dengan nutrisi yang memengaruhi tubuh kita dengan cara yang tak terhitung jumlahnya. Kacang hitam sangat tinggi serat dan protein, serta kaya vitamin dan mineral, seperti vitamin A, kalsium, zat besi dan mangan.

Kacang hitam juta memiliki kadar flavonoid tinggi, yang memiliki kemampuan antioksidan, terutama antosianin, dan mengandung beberapa asam lemak omega 3. Selain itu, kacang hitam adalah sumber asam folat dalam makanan.

Dengan semua nutrisi tersebut, kacang hitam memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Mengonsumsinya rutin sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang akan melindungi Anda dari sejumlah masalah kesehatan seperti berikut ini:

Kesehatan kardiovaskular

Salah satu manfaat terbaik menambahkan kacang hitam ke diet harian adalah tingkat serat tinggi yang dikandungnya. Kacang hitam memiliki konsentrasi serat larut yang tinggi, di mana telah terbukti membantu menurunkan kolesterol darah.

Menurunkan kolesterol darah bisa mengurangi penebalan dinding arteri. Hal ini pada akhirnya bisa mencegah serangan jantung dan stroke. Kacang hitam juga mengandung sejumlah asam lemak omega 3. Ini merupakan bentuk kolesterol baik dalam tubuh yang menyeimbangkan efek negatif asam lemak omega 6 atau kolesterol jahat.

Asam lemak omega 3 dalam kacang hitam ini memiliki efek anti-hipertensi. Artinya, mengonsumsi kacang hitam rutin dapat memperbaiki aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi ketegangan atau tekanan oksidatif pada sistem kardiovaskular secara keseluruhan.

Pencegahan kanker

Kacang hitam telah terbukti mengurangi risiko jenis kanker tertentu, karena flavonoid ditemukan di lapisan biji mereka. Ada 8 flavonoid berbeda yang ditemukan di lapisan biji, dan 3 di antaranya adalah anthocyanin. Flavonoid pada dasarnya adalah pewarna pigmen phytonutrisi yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh untuk melawan penyakit dan radikal bebas.

Anthocyanin adalah pigmen, tapi bisa berpengaruh kuat pada tubuh. Hal ini termasuk penyumbatan pembuluh darah hingga menghambat pertumbuhan tumor dan kanker, memperlambat pertumbuhan sel-sel berbahaya, dan meningkatkan apoptosis (sel kematian) di dalam sel kanker. Antosianin, bersama dengan semua fitonutrien lainnya ditemukan pada biji, membuat kacang hitam menjadi senjata yang kuat dalam memerangi kanker jika Anda mengonsumsinya teratur.

Masalah pencernaan

Kacang hitam sangat bagus untuk mencegah masalah pencernaan, karena mengandung kadar protein dan serat luar biasa tinggi. Keduanya membantu makanan bergerak melewati saluran pencernaan, menyerap nutrisi, kemudian limbahnya dikeluarkan dengan cara yang sehat.

Selain itu, kacang hitam juga dicerna lebih lambat daripada daging, yang memiliki kandungan protein serupa. Sehingga, mengonsumsi kacang hitam bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan cara ini, kacang hitam bisa membersihkan sistem pencernaan dan membantu mencegah makan berlebihan.

Gula darah

Pencernaan kurang sehat dapat menyebabkan kadar gula darah tidak seimbang di dalam tubuh. Namun, kacang hitam dapat mengatasi masalah ini. Seperti disebutkan di atas, serat dan protein dalam kacang hitam membuat pencernaan terus mengalir pada tingkat yang stabil, sehingga penyerapan nutrisi terkonsentrasi tidak terjadi.

Sebaliknya, pemindahan nutrisi yang stabil terjadi sepanjang proses pencernaan. Ketika pencernaan goyah, lonjakan gula darah yng berbahaya bisa terjadi, bahkan fatal akibatnya bagi penderita diabetes. Dikutip dari Organicfact.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini