Image

Iyuuuh, Ada "Sup Salamander" di Jepang!

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 12 Mei 2017, 06:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 11 298 1688920 iyuuuh-ada-sup-salamander-di-jepang-tglI1cWEYI.jpg Ide sup salamander di Jepang (Foto:Rocketnews)

MENDENGAR kata salamander saja terkadang langsung membuat orang mengalihkan wajah karena geli dan takut. Tapi di Jepang, salamander yang merupakan reptil sejenis kadal ini dijadikan ide untuk membuat sup. Iyuuh, bagaimana rasanya ya?

Dalam mangkuk putih terlihat salamander sedang berenang di kuah kaldu, lengkap dengan telur-telurnya. Dilansir dari Rocketnews, sebuah restoran dj Kyoto Aquariun menawarkan menu yang agak menjijikan yakni salamander dashi chazuke.

Di Jepang chazuke atau ochazuke adalah hidangan khas yang cukup populer, isiannya yakni nasi yang disiram kuah kaldu kemudian ditambah beberapa potong ikan yang populer di Jepang. Tapi apa jadinya jika ikan justru diganti dengan salamander?

 

Ide cemerlang ini memang kreatif karena koki tentu saja tidak menggunakan salamander asli. Siapa juga yang tertarik menyantap salamander. Si salamander ini adalah olahan dari acar suguki dan rumput laut yang diolah bersama gelatin. Campuran ini kemudian dicetak menggunakan alat khusus sehingga bentuk yang dihasilkan sangat mirip. Terlebih gelatin dalam komposisi bahannya membuat si salamander tampak mengilap seperti aslinya.

Mangkuk sup ini berisi nasi, taburan daun bawang dan biji mutiara tapioka putih yang terlihat seperti telur salamander. Meski tampilannya sedikit mengerikan, rasanya justru sangat bisa diterima di lidah masyarakat Jepang.

Sajian ini dijual dalam porsi terbatas setiap harinya. Restoran hanya menyediakan sup salamanderini sebanyak 20 porsi perhari dengan banderol harga 500 yen atau setara Rp 58 ribu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini