nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HARI WAISAK 2017: Komplek Pagoda dan Kuil Buddha Semegah Borobudur

Dada Sathilla, Jurnalis · Kamis 11 Mei 2017 11:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 11 406 1688594 hari-waisak-2017-komplek-pagoda-dan-kuil-buddha-semegah-borobudur-iPxQ6GsoUq.jpeg Komplek kuil Buddha, Bai Dinh (Foto:Goasiatravel)

Di Indonesia, pusat perayaan hari Waisak berpusat di candi Borobudur yang merupakan candi atau kuil Buddha terbesar di dunia. Di salah satu negara Buddhist Asia Tenggara, Vietnam, perayaan Waisak atau Vesak salah satunya dilakukan di Bai Dinh. Bai Dinh adalah sebuah komplek pagoda dan kuil Buddha terbesar serta termegah di Vietnam. Seperti apa kemegahan komplek Buddha ini ?

 

Komplek kuil dan pagoda Bai Dinh terletak di Provinsi Nih Binh, 2 jam perjalanan menggunakan kereta api atau bis dari Hanoi. Menempati lahan seluas 700 hektar di pegunungan Bai Dinh, komplek religius ini terdiri dari bangunan lama dan baru, yang mana bangunan barunya selesai dibangun pada 2010 dan menghasilkan komplek Buddhist yang indah, megah, dengan gaya arsitektur Vietnam, serta luas. Komplek Buddha ini terdiri dari kuil, pagoda, taman, danau serta area parkir. Memasuki area ini Anda bisa serasa memasuki kompleks kota terlarang di Tiongkok karena kemiripan gaya arsitektur dan suasananya yang kental nuansa oriental.

 

Karena sangat luas, Anda mungkin memerlukan waktu lebih dari 1 jam untuk berjalan dari area parkir ke kuil dan pagodanya. Untungnya tersedia mobil elektrik yang mengantarkan pengunjung langsung ke pusat kuil dan pagoda. Tiket mobil elektrik ini 30.000 dong atau 18.000 rupiah.

 

Setibanya di pusat komplek, Anda bisa memilih untuk mengunjungi beberapa kuil disini. Ada 3 kuil yang layak dikunjungi karena kemegahan dan keindahan bangunannya, yakni kuil Tam, Phap Cu dan Bell tower. Kuil - kuil ini memiliki beberapa patung Buddha yang terbuat dari perunggu serta memiliki berat 100 ton. Perunggunya sendiri didatangkan dari Rusia.

 

Bangunan lainnya yang patut Anda kunjungi adalah Bell Tower. Bell Tower terdiri dari 3 susunan atap. Di dalam menara ini ada lonceng raksasa yang memiliki berat 36 ton. Lonceng ini merupakan yang terbesar di Vietnam.

 

Highlight dari kunjungan ke Bai Dinh sebenarnya adalah pagoda. Untuk memasukinya anda perlu membeli tiket masuk sebesar 45.000 dong atau 26.500 rupiah. Pagoda ini memiliki 5 lantai yang bisa Anda telusuri satu per satu dengan menggunakan lift. Di beberapa bagian dinding terdapat relief yang menceritakan kisah hidup sang Buddha serta beberapa kisah yang dituliskan dalam huruf Sansekerta.

Di lantai 5, Anda bisa berjalan keluar pagoda untuk melihat pemandangan komplek Bai Dinh dari atas. Dari atas, terlihat betapa luasnya komplek Bai Dinh yang terletak di antara pulau - pulau dan gugusan pegunungan kapur yang menjadi ciri khas Provinsi Ninh Binh dan juga Ha long bay.

 

Selain pagoda, sediakan waktu dan tenaga yang cukup untuk melihat patung Buddha Maitreya. Hal ini karena perlu menaiki ribuan anak tangga untuk mencapai area ini. Namun perjuangan akan sepadan karena patungnya indah, sangat besar, bahkan disebut yang terbesar di dunia. Buddha Maitreya berarti Buddha yang akan datang, yang sekarang ini masih bergelar sebagai bodhisattva atau calon Buddha. Patung Buddha raksasa ini juga terlihat dari puncak pagoda.

Apapun keyakinan Anda, Bai Dinh layak dikunjungi karena kemegahan arsitektur, nilai budaya dan sejarah, serta keindahan alam sekitarnya yang berupa pegunungan hijau serta dikelilingi danau.

 

Komplek kuil dan pagoda Bai Dinh yang berada di sebelah barat laut Ninh Binh bisa dicapai dengan menggunakan taksi atau menyewa motor. Berjarak 11 km, Anda memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mencapainya. Bai Dinh bisa dinikmati dalam waktu satu hari, namun sebaiknya anda datang dari pagi karena komplek ini tutup menjelang matahari terbenam. Meskipun begitu, pemandangan komplek Bai Dinh tampak sangat indah saat malam hari karena gemerlap cahaya lampu di setiap sudut kuil dan pagoda.

Selain mengunjungi komplek kuil dan Pagoda Bai Dinh, Anda juga bisa menyusuri keindahan alam Vietnam di Trang An, yang sering dijuluki sebagai Ha Long Bay versi darat. Trang An kian terkenal di kalangan turis setelah digunakan sebagai lokasi syuting film Hollywood, Kong Skull Island.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini