nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rutin Konsumsi Yoghurt Cegah Osteoporosis pada Lansia

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 12 Mei 2017 13:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 12 481 1689249 rutin-konsumsi-yoghurt-cegah-osteoporosis-pada-lansia-SR6STgMaFw.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

RUTIN mengonsumsi yoghurt dikaitkan dengan peningkatan kepadatan tulang pinggul dan penurunan risiko osteoporosis pada pria dan wanita usia lanjut.

Osteoporosis adalah kondiri kronis yang berhubungan dengan penurunan kekuatan tulang. Kondisi ini juga berhubungan dengan peningkatan risiko patah tulang.

Studi tersebut menunjukkan, setiap unit peningkatan asupan yoghurt pada wanita dikaitkan dengan 31 persen risiko osteopenia yang lebih rendah dan 39 persen lebih rendah risiko osteoporosis. Sebaliknya pada pria, asupan yoghurt menyebabkan 52 persen lebih rendah risiko osteoporosis.

"Yoghurt kaya akan nutrisi yang mempromosikan tulang. Data menunjukkan, meningkatkan asupan yoghurt bisa menjadi strategi untuk menjaga kesehatan tulang," kata pemimpin penelitian, Eamon Laird dari Trinity College di Dublin, Irlandia, dikutip Boldsky, Jumat (12/5/2017).

Selanjutnya, ukuran kepadatan mineral tulang pinggul dan femoral tulang total pada wanita adalah 3,1-3,9 persen lebih tinggi di antara mereka yang rutin mengonsumsi yoghurt. Pada pria, biomarker kerusakan tulang adalah 9,5 persen lebih rendah pada mereka yang rutin mengonsumsi yoghurt.

"Hasilnya menunjukkan hubungan antara kesehatan tulang dan kelemahan dengan produk makanan yang relatif sederhana dan murah. Namun, kita masih belum mengerti mekanisme pasti yang bisa jadi karena manfaat biota mikro atau komposisi hara makro dan mikro," jelas Miriam Casey, Consultant Physician di St James Hospital, Dublin.

Untuk penelitian ini, tim tersebut melibatkan 1.057 wanita dan 763 pria. Mereka menjalani penilaian kepadatan mineral tulang.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini