Image

Pemanis Buatan dalam 'Makanan Diet' Justru Bisa Bikin Gemuk

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 12 Mei 2017, 14:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 12 481 1689257 pemanis-buatan-dalam-makanan-diet-justru-bisa-bikin-gemuk-jhf0MbGEwq.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

ORANG yang sedang menurunkan berat badan biasanya akan mengonsumsi makanan rendah kalori. Tapi, tahukah Anda bila pemanis buatan dalam makanan rendah kalori dapat menjadi penyebab obesitas?

Para periset telah menemukan, pemanis buatan erythritol yang digunakan pada makanan berkalori rendah, dapat meningkatkan berat dan massa lemak pada orang dewasa muda. Penelitian ini mengungkapkan, erythritol dapat dimetabolisme, bahkan diproduksi di tubuh manusia.

Dalam penelitian ini, erythritol ditemukan meningkat pada mahasiswa awal tahun di perguruan tinggi. Mereka kemudian mengalami kenaikan berat badan, lemak, dan lemak di perut.

Pada para mahasiswa menunjukkan adanya eritritol darah setinggi 15 kali lipat pada awal tahun dibandingkan dengan rekan mereka yang berat badannya stabil atau mengalami penurunan selama tahun ajaran, kata periset.

"Sekira 75 persen orang dewasa muda mengalami kenaikan berat badan selama masa transisi dari sekolah menengah sampai perguruan tinggi," ujar Patricia Cassano selaku profesor Divisi Ilmu Gizi Universitas Cornell New York, dikutip Zeenews, Jumat (12/5/2017).

Temuan yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciencers ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Sebab, kenaikan berat badan berhubungan dengan berbagai penyakit, semisal penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan sejenisnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini