nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biaya Pengobatan Lupus Mahal Bikin Pasien Putus Asa Sembuh

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 12 Mei 2017 16:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 12 481 1689489 biaya-pengobatan-lupus-mahal-bikin-pasien-putus-asa-sembuh-ZdirLXaevB.jpg Ilustrasi (Foto: Drweil)

PENGOBATAN menjadi aspek penting untuk kesembuhan penyakit lupus. Tapi harga obatnya sangat mahal dan belum sepenuhnya ditanggung negara.

Dilansir WebMD, Jumat (12/5/2017), banyak pasien mengeluhkan mahalnya pengobatan penyakit lupus. Meski terapi obatnya sudah tersedia banyak jenis.

Begitu seseorang didiagnosis menderita lupus, rencana perawatan akan dikembangkan oleh dokter. Termasuk dilihat dari usia, gejala, dan gaya hidup seseorang. Ini harus dievaluasi ulang secara teratur supaya biaya menjadi efektif.

Tujuannya untuk mengurangi peradangan jaringan yang disebabkan oleh penyakit yang mengganggu sistem kekebalan tubuh ini. Selain itu, dampaknya baiknya untuk mencegah komplikasi.

Pasien dapat melakukan rawat jalan ketika kondisi kekebalan tubuhnya menurun. Bahkan, berbagai pengobatannya juga dapat menimbulkan efek samping bagi pasien.

Sayangnya pula, susunan obat-obatan dan kompleksitas rencana pengobatan bisa sangat banyak dan membingungkan. Pasien yang baru didiagnosis bisa mengalami tantangan saat menjalani terapi.

Jenis yang paling umum digunakan yaitu Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAIDs). Ini terdiri dari kelompok obat besar dan beragam secara kimiawi yang memiliki sifat analgesik, anti-inflamasi, dan antipiretik.

Nyeri dan pembengkakan merupakan dampak umum dari obat anti-inflamasi itu. Ada sebanyak 70 NSAID di pasaran, dan yang baru terus tersedia. Pasien harus meminum obat dengan anjuran dokter.

Karena itu, Anda harus hati-hati dengan terapinya. Biaya yang mahal dan efek samping menyakitkan, bisa membuat pasien lupus malas berobat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini