Pasien Gangguan Jiwa Berisiko Tinggi Alami Penyakit Kardiovaskular

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 13 Mei 2017 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 13 481 1690208 pasien-gangguan-jiwa-berisiko-tinggi-alami-penyakit-kardiovaskular-DlLcDn84AU.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

ORANG dengan gangguan jiwa termasuk skizofrenia, gangguan bipolar dan depresi berat, 53 persen berisiko mengalami penyakit kardiovaskular. Karena itu, Anda harus mencegah risiko depresi yang berbahaya.

Periset telah mengidentifikasi beberapa faktor penting yang meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk penggunaan antipsikotik dan indeks massa tubuh yang lebih tinggi. Temuan ini menyoroti pentingnya skrining rutin pasien penyakit mental berat untuk risiko kardiovaskular.

Brendon Stubbs dari King's College London mengatakan, orang dengan penyakit jiwa parah banyak yang meninggal dunia akibat serangan jantung. Belum lagi kalau gaya hidupnya tidak sehat, seperti menjadi perokok atau tidak bisa menjaga pola makan.

Studi ini melibatkan lebih dari 3,2 juta pasien penyakit gangguan jiwa. Penelitian dilakukan empat benua dan 16 negara yang berbeda.

Hasil menunjukkan, pasien penyakit gangguan jiwa 85 persen lebih tinggi menderita penyakit kardiovaskular. Hasil ini cukup mengejutkan dibandingkan mereka yang sehat dan normal. Demikian dilansir Zeenews, Sabtu (13/5/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini