10 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Wanita untuk Dikonsumsi

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 15 Mei 2017 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 13 481 1690299 10-makanan-dan-minuman-yang-harus-dihindari-wanita-untuk-dikonsumsi-1w3VuU5yEa.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

WANITA biasanya menghindari makanan tertentu karena khawatir berat badan mereka bertambah, padahal masalahnya lebih dari itu. Selain itu, sejumlah minuman juga sering diabaikan oleh wanita, meskipun dampaknya besar bagi kesehatan mereka.

Sejumlah makanan dan minuman dapat berdampak buruk bagi kesehatan wanita dengan berbagai cara. Berikut 10 makanan dan minuman yang harus dihindari oleh wanita seperti dilansir dari laman Boldsky:

Alkohol

Minum alkohol jika wanita ingin hamil sebaiknya dihindari, karena bisa menghambat tujuan. Wanita yang minum setidaknya 1 minuman beralkohol per hari berisiko 50 persen lebih besar mengalami infertilitas dibandingkan wanita yang tidak minum.

Diet soda

Minuman diet soda dikemas dengan bahan kimia dan zat aditif yang sangat buruk bagi perut. Sesuai survei, ditemukan bahwa orang yang minum soda secara teratur memiliki 3 kali jumlah lemak perut selama periode 9 tahun daripada mereka yang tidak minum soda.

Jus buah

Jus buah sarat dengan gula dan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung pada wanita. Selanjutnya, jus buah diisi dengan glukosa, fruktosa, dan ini menyebabkan risiko radang dan penyakit kardiovaskular.

Kopi dengan krimer

Kopi dengan krimer merupakan sumber lemak trans. Bahkan, sisa trans lemak olahan ini sebenarnya bisa buruk bagi kesehatan jantung wanita.

Kopi extra besar

Terlalu banyak hal buruk akan terjadi ketika wanita sering minum kopi dalam jumlah besar. Mengonsumsi lebih dari 400 miligram kafein per hari dapat menyebabkan ekskresi kalsium, sehingga juga meningkatkan risiko osteoporosis.

Yoghurt bebas lemak

Yoghurt bebas lemak, terutama yang dengan rasa, bisa menjadi sumber gula yang memicu kadar gula darah dan insulin wanita. Ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak produk susu bebas lemak memiliki risiko 85 persen lebih tinggi mengalami infertilitas ovulasi.

Roti putih

Roti putih terbuat dari karbohidrat olahan, dan tubuh memprosesnya seperti gula. Karbohidrat olahan tidak mengandung serat dan ini bisa menyebabkan kadar gula darah dan insulin meningkat.

Biskuit

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor 1 untuk wanita. Jadi, wanita perlu memberi perhatian ekstra pada kesehatan jantung di awal usia 40-an. Di sisi lain, biskuit kalengan mengandung trans lemak yang diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol dan mengurangi ingatan pada orang dewasa di atas usia 45 tahun.

Margarin

Margarin dibuat dengan minyak terhidrogenasi parsial, dan merupakan sumber trans lemak. Hal ini tidak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung, namun mempercepat penuaan kulit. Inilah salah satu makanan yang harus dihindari wanita untuk dikonsumsi.

Daging merah

Daging merah bisa berdampak negatif pada kesempatan wanita untuk hamil. Ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi protein hewan berlebihan memiliki risiko lebih besar mengalami masalah kesuburan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini