Image

Hiii... Ngerinya Festival Berjalan di Atas Api ala India dan Indonesia

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 16 Mei 2017, 07:20 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 05 15 406 1691501 hiii ngerinya festival berjalan di atas api ala india dan indonesia NcyR3uyVMF.JPG Festival Thimithi Berjalan di Atas Api di India (foto: Instagram/@bellaella777)

FESTIVAL merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh pemerintah terkait promosi kunjungan wisata suatu daerah. Ada berbagai macam festival di seluruh negeri, mulai dari yang unik hingga terkesan ekstrem dan berbahaya.

Indonesia dan India memiliki salah satu festival yang hampir sama. Di dalam festival itu, kedua negara ini menggunakan api dan menginjaknya. Adalah Festival Biak Munara Wampasi yang diselenggarakan oleh warga Pulau Biak, Papua dan Festival Thimithi yang dirayakan di Tamil Nadu, India.

Di dalam kedua perayaan ini, warga-warga desa Tamil Nadu berjalan di atas api sebagai lambang dari kejadian di masa silam dan di Pulau Biak diartikan sebagai penghormatan kepada seseorang.

Desa yang mengadakan festival Biak Munara Wampasi ialah Kampung Mnurwar, Distrik Oridek. Sedangkan di India diadakan oleh warga Tamil Nadu.

Warga Tamil Nadu merayakan festival Thimithi bermul dari cerita pada zaman Mahabrata. Draupadi istri dari Pandawa berjalan di atas tempat pembakaran batu bara dan keluar tanpa luka, untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah dari dugaan yang telah ditujukan ke dirinya oleh Duryodana anggota ketua dari Kurawa. Thimithi adalah festival yang dirayakan untuk memperingati peristiwa ini.

Sedangkan di Pulau Biak, Papua, festival yang juga dikenal dengan nama Apen Bayeren, diadakan untuk menghormati seseorang yang datang ke desa mereka. Ketika ada seseorang yang dianggap penting dan terhormat datang ke desa, maka warga pun mengadakan festival berjalan di atas api, penghormatan ini merupakan penghormatan sakral.

Ada sekira 12 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan yang mengenakan pakaian adat. Sebelum memulai upacara, tetua adat biasanya memimpin doa. Sementara di lapangan telah tersebar batu bara panas.

Festival Thimithi di India biasanya diselenggarakan diantara Oktober dan November di Tamil Nadu. Sedangkan, festival Apen Bayeren dilaksanakan di Pulau Biak, Papua, pada 1 hingga 4 Juli. Pilihlah festival negara mana yang akan Anda lihat, siapkan tiket, dan rencanakan liburan Anda dan keluarga di musim liburan yang akan datang nanti.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini