nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Merokok Ancam Generasi Muda Alami Penyakit Kardiovaskular

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 15 Mei 2017 15:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 15 481 1691260 merokok-ancam-generasi-muda-alami-penyakit-kardiovaskular-Jo23F6DvpE.jpg Ilustrasi (Foto: Thespiritscience)

KEBIASAAN merokok tak lagi dilakukan oleh laki-laki dewasa. Anak remaja sudah banyak yang menghisap rokok, sehingga mengancam kesehatannya di masa mendatang.

Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila F Moeloek SpM(K) mengatakan, berdasarkan Sirkesnas 2016 sekira 54,8 persen anak remaja usia 15 tahun ke atas sudah merokok. Bahkan, mirisnya lagi anak usia dini pun pernah terekspose banyak yang menjadi perokok aktif.

"Kita lihat ketika ada Car Free Day di Jalan Thamrin, ramai sekali keluarga dan anak datang. Saya perhatikan sekali di jalan banyak anak-anak merokok. Ini harus diperangi,"ujar Menkes Nila saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2017).

Kalau masalah ini tak bisa diperangi, jumlah perokok semakin meningkat. Ancaman terhadap penyakit tidak menular juga besar.

Terlihat, tahun 2016 pemerintah mengeluarkan dana sekira Rp7,4 Triliyun untuk mendanai pengobatan pasien penyakit tidak menular. Penyakit kardiovaskular jumlahnya paling banyak.

"Jumlah penyakit tidak menular bertambah, ditambah saat ini generasi muda yang merokok. Bayangkan, hmpir 1/4 penduduk Indonesia menderita penyakit kardiovaskular,"imbuhnya.

Menkes Nila menegaskan, supaya kebiasaan merokok diperangi sungguh-sungguh. Caranya bisa dengan membuat Kawasan Tanpa Rokok, menyediakan layanan konseling berhenti merokok gratis, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membeli rokok.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini