nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lingkungan Merokok Bisa Sebabkan Bayi Lahir Rendah

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 15 Mei 2017 17:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 15 481 1691445 lingkungan-merokok-bisa-sebabkan-bayi-lahir-rendah-F88YcKXQOJ.jpg Ilustrasi (Foto: Metro)

MEROKOK tak hanya menyebabkan penyakit jantung. Ketika ibu hamil sering berada di lingkungan perokok, janin dalam kandungan dikhawatirkan memiliki berat badan rendah saat lahir.

Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila F Moeloek SpM(K) mengimbau agar seorang wanita harus menjaga perilaku semasa hamil. Salah satunya dengan tidak merokok atau menjauhi lingkungan orang-orang yang merokok.

"Menyedihkan, merokok atau menjadi perokok pasif juga bisa sebabkan bayi lahir rendah. Banyak masyarakat mengeluh ruang NICU kurang, seperti di Jayapura kemarin. Minta tolong, perilaku ini harus diubah dan diperhatikan,"ujar Menkes Nila saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2017).

Menkes Nila meminta agar ibu hamil menjauh dari kawasan perokok. Mereka juga harus menjaga gizinya dengan baik.

"Janganlah merokok, lebih baik uangnya dibelikan ikan, sayur dan buah. Ikan misalnya kaya protein yang baik untuk ibu hamil. Kita dorong kebaikan ini,"terangnya.

Mencegah kebiasaan merokok, menurut Menkes Nila, juga dapat mewujudkan bonus demografi yang baik di tahun 2030. Tak hanya itu, memerangi kebiasaan buruk ini juga membuat anak muda jadi produktif untuk membangun negara.

"Kita manfaatkan bonus demografi, karena anak muda harus sehat dan produktif," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini