nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Batang Rokok Sehari, 2 Kali Lipat Tingkatkan Risiko Penyakit Paru

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 15 Mei 2017 19:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 15 481 1691556 5-batang-rokok-sehari-2-kali-lipat-tingkatkan-risiko-penyakit-paru-Gf4Gl3NsHj.jpg Ilustrasi (Foto: Medicaldaily)

KEBIASAAN merokok dapat memperburuk kondisi kesehatan manusia. Karena itu, Anda harus menerapkan mindset agar berhasil berhenti merokok.

Dilansir Boldsky, Senin (15/5/2017), berikut adalah empat alasan yang harus ada di benak Anda saat ingin berhenti merokok. Simak ulasannya berikut ini!

Turunkan risiko penyakit paru

Sekira 90 persen perokok di dunia meninggal akibat kanker paru-paru setiap tahunnya. Ternyata studi membuktikan, orang yang merokok lima batang sehari membuatnya dua kali lebih rentan terhadap penyakit tersebut. Karena itu, Anda wajib berhenti merokok mulai sekarang untuk mengurangi risikonya.

Ingin menjaga kesehatan jantung

Sangat menakjubkan bagi sistem kardiovaskular Anda jika berhenti merokok. 20 menit tidak merokok, denyut jantung menurun hingga ke titik normal. Dalam waktu dua jam, tekanan darah juga ikut turun.

Mengurangi adiksi

Rokok mengandung nikotin yang membuat orang adiksi. Bila dua jam orang tidak merokok akan merasa mengantuk, sakit kepala, mual, meningkatnya adiksi dan stres. Gejala ini dapat mengganggu kesehatan mental seorang perokok.

Meningkatnya oksigen dalam tubuh

Berhenti merokok juga dapat meningkatkan pasokan oksigen dalam tubuh. Kadar hemoglobin dapat tubuh juga beredar lancar di aliran darah. Sementara jika Anda terus merokok, akan banyak memicu kadar karbon monoksida yang merukan kadar hemoglobin itu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini