Sederet Tahapan yang Harus Dilalui Setelah Menikah

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 16 Mei 2017 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 16 196 1692222 sederet-tahapan-yang-harus-dilalui-setelah-menikah-00Pf3VOR9y.jpg Ilustrasi pernikahan (Foto: visitmysmokies)

MEMBANGUN pernikahan adalah sebuah tantangan yang dihadapi seumur hidup. Karena itu, Anda akan menjalani berbagai tahapan dalam pernikahan.

Tahapan seperti apa yang akan dilewati orang dalam setiap pernikahan? Simak ulasannya dilansir dari Readerdigest, Selasa (16/5/2017) berikut:

Tahap 1: Gairah

Tahap pertama dimulai dari bulan madu. Saat-saat di mana Anda dan pasangan menikmati masa-masa bahagia di awal pernikahan. Tahapan ini biasanya akan berlalu dengan cepat.

Sekira 6 bulan pertama hingga 2 tahun pernikahan. Di tahap ini, gairah menjadi sangat kuat. Tidak hanya bermain-main dan semakin mencintai pasangannya, di tahapan ini mereka juga mulai membangun kepercayaan, rasa hormat dan keintiman emosional yang akan mendukung hubungan mereka.

Tahap 2: Realisasi

Pada tahap ini, bulan madu berakhir. Visi yang lebih nyata dalam hidup Anda dan pasangan pun dimulai. Di tahapan ini, Anda akan mulai melihat kelemahan-kelemahan pasangan dan beberapa kebiasaan menjengkelkan dari pasangan. Kekecewaan dan konflik pun mulai terjadi pada periode ini.

Di sini, Anda harus mulai menjaga rasa hormat, menerima, dan keterbukaan pada perubahan. Anda harus secara tegas mendiskusikan hal ini pada pasangan. Tahapan ini menciptakan landasan untuk benar-benar dikenal, dipahami, dan didukung di tahun-tahun mendatang.

Tahap 3: Pertengkaran

Di tahap ini, Anda maupun pasangan mulai merindukan kehidupan bersama teman-teman seperti dahulu. Dia menjadi ingin bepergian bersama teman-teman dan nongkrong di akhir pekan. Dia juga ingin membangun kariernya.

Di tahapan ini, orang-orang yang pandai membuat pasangannya bahagia pun bisa menjadi egois dan peduli pada kepentingan pribadinya di luar pernikahan. Bersiaplah bertengkar bersama pasangan di tahapan ini. Bumbu-bumbu drama mulai terasa dalam pernikahan.

Tahap 4: Kerjasama

Setelah melewati masa pertengkaran dan seiring berjalannya waktu, karier mulai tumbuh, rumah semakin besar, komitmen pribadi tumbuh lebih dalam, dan kehadiran anak-anak membuat semuanya lengkap. Anda akan mulai membangun kerja sama di tahap selanjutnya.

Singkirkan semua cinta dan emosi, Anda harus mulai kembali pada realitas membayar semua tagihan yang lebih besar, berinvestasi, dan mengelola kesehatan bersama-sama. Terutama bekerja sama dalam membesarkan anak.

Tahap 5: Reuni

Di tahapan keempat, yakni tahap kerja sama berlangsung selama 10 sampai 20 tahun. Setelah memiliki keuangan yang stabil dan karier yang bagus, Anda akan melewati tahap selanjutnya untuk saling menghargai satu sama lain. Anda akan menghargai pasangan sebagai kekasih dan teman.

Akan ada kedamaian, kebahagiaan, dan rekonsiliasi dalam tahapan ini. Meski terdengar indah, tetapi tahapan ini terkadang sulit dicapai. Kekecewaan bisa terjadi dalam tahapan ini jika harapan pernikahan tak tercapai.

Tahapan 6: Ledakan

Selanjutnya Anda mungkin akan merasakan berbagai cobaan datang dalam pernikahan. Seperti kehilangan pekerjaan, masalah kesehatan, pindah tempat tinggal, atau masalah keuangan.

Dalam fase ini, baik Anda dan pasangan akan berurusan dengan peristiwa besar yang mengguncang kehidupan. Ini bisa mempengaruhi hubungan Anda selama satu hari, satu tahun, atau bahkan selama sisa hidup Anda. Sebenarnya tahapan ledakan bisa terjadi kapan saja. Namun paling banyak dirasakan di usia 40 sampai 50 tahun. Anda hanya harus pandai mengelola emosi.

Tahap 7: Penyelesaian

Tahapan terakhir dalam pernikahan adalah penyelesaian yang akan membawa kebahagiaan setelah beberapa dekade pernikahan. Para ahli mengatakan, hal ini dipicu oleh anak-anak yang sudah dewasa, sehingga membuat Anda dan pasangan memiliki lebih banyak waktu untuk saling mengenal dengan baik.

Di tahap ini Anda dan dia sama-sama memahami kebiasaan dan kebutuhan masing-masing. Pada tahap penyelesaian, “mengetahui” satu sama lain memiliki makna yang jauh lebih dalam dan hasil yang lebih besar.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini