Mengenal Delilah, Seekor Anak Badak Asal Sumatera yang Hampir Punah

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 16 Mei 2017 14:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 16 406 1692184 mengenal-delilah-seekor-anak-badak-asal-sumatera-yang-hampir-punah-b5EoLMeavs.JPG Badak Delilah (foto: Instagram/@badakdelilah)

DELILAH begitulah nama cantik yang diberikan Presiden Joko Widodo untuk seekor anak badak Sumatera (Sumateran Rhino). Delilah lahir dari pasangan Ratu dan Andalas yang merupakan anak kedua dari pasangan Badak Sumatera ini.

Kado yang diterima oleh Delilah bukanlah barang-barang mewah atau pesta meriah. Tapi, sebuah acara sosialisasi kesadaran untuk menjaga dan melindungi Badak Sumatera yang ditujukan pada masyarakat luas. Kado ini tidak hanya untuk Delilah dan keluarga, namun juga untuk badak-badak lain yang terancam punah.

Salah satu acara sosialisasi yang digelar yaitu Konferensi Pers Menggalang Dukungan Masyarakat Akan Upaya Konservasi Badak Sumatera Melalui Kampanye #KadoUntukDelilah, Selasa (16/5/2017) di ruang Rimbawan I Manggala Wanabakti, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehidupan Republik Indonesia, dan menyusul acara sosialisasinya lainnya, serta tindakan untuk membangun suaka bagi Badak Sumatera.

"Istimewa Badak Sumatera ialah tidak setiap waktu ibu- ibu badak mau didekati badak jantan, dan hanya 4 hari waktu birahinya," jelas Widodo Ramono, Direktur Yayasan Badak Indonesia.

Lanjut Widodo, ulang tahun Delilah dirayakan karena ia merupakan harapan dari keberlangsungannya eksistensi Badak Sumatera di Indonesia, karena Delilah berjenis kelamin betina yang diharapkan dapat berkembang biak.

Saat ini diperkirakan kurang dari 100 Badak Sumatera yang masih hidup dan tinggal dalam populasi yang sangat kecil dan terpisah-pisah. Dari beberapa jenis badak yang khas Indonesia, spesies Badak Sumatera lah yang berada dalam kondisi kritis. Populasi badak berkurang lebih dari 50 persen selama 20 tahun terakhir.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini