Share

Remaja Laki-Laki Meninggal Dunia karena Overdosis Kafein

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 16 Mei 2017 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 16 481 1692165 remaja-laki-laki-meninggal-dunia-karena-overdosis-kafein-iZV1UtJi7b.jpg Ilustrasi (Foto: Nbcnews)

ANDA wajib membatasi konsumsi kafein. Karena, seorang remaja laki-laki berusia 16 tahun meninggal karena overdosis kafein setelah meminum minuman ringan, kopi, dan minuman energi yang mengandung kafein.

Davis Allen Cripe ambruk dan meninggal bulan lalu. Seorang ahli jantung menjelaskan secara singkat peristiwa sebelum remaja tersebut meninggal dunia.

"Pada hari itu, 2 jam sebelum kematiannya, kita tahu dia telah mengonsumsi Mountain Dew (minuman berkarbonasi), coffee latte (dari perusahaan cepat saji) dan beberapa jenis minuman energi," kata ahli koroner dari Richland County, Gary Watts pada konferensi pers yang dikutip Today, Selasa (16/5/2017).

"Begitu banyak kafein pada saat kematiannya, sehingga menyebabkan aritmianya," tambahnya.

(Foto: Today)

Bulan lalu, peneliti melaporkan bahwa minuman energi dapat menyebabkan perubahan fungsi jantung dan tekanan darah yang berbahaya. Tim lain menemukan bahaya serupa pada tahun 2005.

"Minuman ini bisa sangat berbahaya. Saya memberitahu teman dan keluarga saya untuk tidak meminumnya," tuturnya.

Namun, Watts tidak memberikan rincian tentang bagaimana dia sampai pada kesimpulan bahwa minuman tersebut penyebab meninggalnya Cripe. Dia bilang tidak tahu jenis minuman energi apa yang diminum Cripe.

"Tujuannya di sini sekarang bukan untuk menjatuhkan merk tertentu. Tapi, yang ingin kita lakukan adalah membuat orang mengerti bahwa minuman ini mengandung kafein, bagaimana cara mengonsumsinya, dapat menimbulkan konsekuensinya yang mengerikan. Dan itulah yang terjadi dalam kasus ini," jelasnya.

"Bukan kecelakaan mobil yang mengambil nyawanya, melainkan minuman energi. Orangtua, tolong bicara dengan anak-anak Anda tentang bahaya minuman energi ini," sambung Ayah remaja tersebut, Sean Cripe di konferensi pers.

Kafein mendorong pelepasan nyawa alami yang disebut katekolamin, termasuk norepinephrine, hormon stres yang dapat mempercepat jantung. Orang yang telah meninggal akibat overdosis kafein, didokumentasikan memiliki denyut jantung yang tidak teratur dan cepat, kejang, dan terkadang tersedak muntahnya sendiri.

Mountain Dew 354 ml berisi 54 miligram kafein. Sementara salah satu perusahaan cepat saji lainnya tidak melaporkan jumlah kafein dalam produk coffee latte-nya. Food and Drug Administration (FDA) mengatakan, kafein dalam dosis sampai 400 mg (sekira 5 cangkir kopi) pada umumnya aman.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini