nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Tanda Persalinan agar Tak Terlambat Tertolong

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 16 Mei 2017 18:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 16 481 1692328 kenali-tanda-persalinan-agar-tak-terlambat-tertolong-R3Bn4aplGz.jpeg Ilustrasi (Foto: Healthtap)

SETIAP wanita mengidamkan bisa melahirkan normal untuk minimalisir efek samping. Tapi Anda harus triknya supaya tidak terlambat tertolong.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Aditya Kusuma SpOG mengatakan, setiap bunda harus mengenali tanda klinis dalam dirinya menjelang persalinan. Kepekaan ini bisa menentukan keberhasilan agar bisa melahirkan normal.

"Setiap wanita hamil harus mengenali tanda klinis pada tubuhnya. Rajin-rajinlah konseling, meski hanya chatting dengan dokter atau bidan," katanya ditemui di RSIA Bunda Jakarta, belum lama ini.

Perubahan fisik menjelang persalinan sebenarnya mudah dikenali. Tanda awalnya yaitu perut sering mulas teratur saat usia kehamilan di atas 39 minggu.

Jangan abaikan tanda-tanda kontraksi yang menandakan bayi akan lahir. Ini harus diingat agar wanita hamil tak kehabisan ketuban yang membahayakan janin.

"Perut akan semakin sering mulas dan keluar lendir bercampur darah dari jalan lahir. Inilah yang disebut proses pembukaan," ujar dr Adit.

Ketika proses kontraksi berlangsung, calon ibu tidak disarankan berdiam diri. Lakukan aktivitas fisik seperti perbanyak jalan kaki atau melakukan trik yoga agar proses pembukaan cepat.

Jika sudah sering mulas, segera pergi ke dokter atau bidan untuk memulai persiapan persalinan. Jangan sampai terlambat tertolong dan cegah proses melahirkan bedah caesar.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini