Image

Lentog Tanjung Kuliner Khas Kudus

Rabu 17 Mei 2017, 19:06 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 05 17 298 1693476 lentog tanjung kuliner khas kudus E8HHcGSoy1.jpg Lentong tanjung khas Kudus (Foto:Sulistyanto)

BEBERAPA kuliner khas Kudus sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Satu di antarnya lentog tanjung. Seporsi masakan ini antara lain terdiri dari potongan lontong, lodeh sayur nangka serta irisan tempe serta tahu. Bagian atas ditaburi bawang merah goreng.

Warung makan Lentog Tanjung Kudus Bu Ning di kawasan Jalan Tino Sidin Bantul termasuk yang menyediakan kuliner khas Kudus tersebut. Sebagai pemilik warung setempat, Nuning atau akrab disapa Bu Ning pernah 25 tahun bekerja di Kudus, sehingga mampu menguasai cara memasak kuliner khas daerah tersebut. Diberi nama Lentog Tanjung, sebab masakan ini berasal dari Tanjung yang ada di Kudus. Lentog sama artinya dengan lontong.

“Di Kudus sana bahkan ada deretan warung spesial menyediakan menu Lentog Tanjung. Ada lagi menu lain yang tersedia seperti lentog tanjung plus telur semur dan tahu telur dengan kuah bumbu kacang,” jelas Bu Ning kepada KRjogja.com.

Masakan Lentog Tanjung, bahan utama seperti lontong ia membuat sendiri. Termasuk juga sayur lodeh nangka muda. Kuah dari sayur nangka muda ini kian menambah lezatnya masakan, apalagi ketika masih hangat ataupun panas lalu ditambah sambal pedas. Semua perpaduan bahan-bahan ini mampu memberi sensasi tersendiri di lidah sampai perut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini