Image

Wuih, 5 Fakta Mencengangkan soal Kepulauan Solomon yang Bikin Melongo

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 18 Mei 2017, 08:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 17 406 1693505 wuih-5-fakta-mencengangkan-soal-kepulauan-solomon-yang-bikin-melongo-P8BmvNn02i.jpg Ilustrasi Kepulauan Solomon (foto: Worldnomads)

PULAU Solomon banyak dikunjungi turis mancanegara untuk dinikmati pantai-pantainya yang dapat membuat rileks, air lautnya yang jernih dan berkilauan serta snorkeling dan menyelam di birunya laut.

Dilansir dari Worldnomad, Kamis (18/5/2017), sederet fakta soal Pulau Solomon ini akan membuat Anda tercengang.

Honiara Kota Kriminal

Honiara adalah kota yang penduduknya selalu melewati jalan kekerasan ketika berprotes. Banyak terjadi demonstrasi yang berakhir ricuh. Bahkan banyak tindak kejahatan yang mengincar para turis.

Yachties Beware

Turis asing diperingatkan untuk berhati-hati ketika naik yacht di pelabuhan Honiara. Beberapa laporan mengatakan penjahat bersenjata mencuri barang-barang berharga. Peringatan ini disampaikan langsung oleh pemerintah Halomon agar turis-turis dapat mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Etika Lokal

Tidak perlu melakukan banyak adaptasi ketika berkunjung ke pulau ini. Tapi, treking melewati jalur padang gurun atau pantai yang dekat dengan Honiara bisa memerlukan biaya yang terduga.

Untuk tatacara berpakaian, wanita disarankan untuk berpakaian yang sederhana, tidak melanggar kebiasaan dan menghormati kebudayaan setempat. Tindakan homoseksual merupakan hal yang dilarang di sini dan dapat hukuman penjara bagi yang melanggarnya.

Kehidupan Liar

Ada sekira 50 orang terbunuh setiap tahun oleh buaya air asin di laut. Disarankan bagi turis untuk dipandu oleh pemandu ketika hendak memasuki perairan dan harus waspada pada hal apapun. Di kota Honiara, anjing-anjing tidak terkontrol, berkeliaran dengan bebas tanpa pengawasan. Para wisatawan diminta untuk berhati-hati.

Bencana Alam

Kepualauan Solomon yang beriklim tropis berada di cincin api pasifik, yang berarti memiliki aktifitas gunung berapi yang panjangnya lebih dari 40ribu kilometer dan Sebanyak 90persen gempa bumi dapat terjadi. Sejarah mencatat, pada April 2007 telah terjadi gempa berskala 8.0 SR dan disusul tsunami melanda kepulauan ini, hingga menewaskan sekira 20 orang dan menghancurkan desa-desa.

Bencana alam siklon juga sering terjadi. Bencana ini biasanya terjadi sekira November sampai Mei. Angin topan yang membawa hujan menyebabkan bajir. Jalan-jalan rusak dan jembatan banyak yang hanyut karena bencana ini. Para wisatawan disarankan untuk mencari informasi perihal perkiraan cuaca sebelum mendatangi kepulauan Solomon.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini