Mencegah Naiknya Asam Lambung saat Puasa

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 17 Mei 2017 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 17 481 1692785 mencegah-naiknya-asam-lambung-saat-puasa-uopvTDX5Ew.jpg Ilustrasi (Foto: Nbcnews)

GANGGUAN asam lambung jangan dijadikan hambatan untuk tidak berpuasa. Anda harus dapat mencegahnya dengan cara mudah.

Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi dr Hardianto Setiawan, SpPD-KGEH mengatakan, saat puasa justru asam lambung tak mudah kambuh. Karena orang akan terus berpikiran positif dan pola makannya lebih teratur.

"Mengatasi GERD, pertama kita tidak boleh makan terlalu banyak. Setelah makan, biasakan jangan berbaring langsung. Duduklah karena proses makanan turun ke lambung sekira 2-3 jam," kata dr Hardian saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa 16 Mei 2017.

Ketika tidur, tinggikan bantal Anda untuk menyangga kepala. Cara ini diklaim mampu mencegah kambuhnya asam lambung, apalagi usai makan.

Hindari pula makanan yang menimbulkan asam lambung kambuh. Seperti kopi, teh, coklat, keju, bawang, cabai, serta cuka.

Atau Anda juga harus menghindari obat-obatan tertentu yang memicu asam lambung. Contohnya yaitu obat darah tinggi dan diare.

"Pola makan saat berbuka dan sahur harus benar-benar diatur. Aktivitas fisik juga harus jalan terus supaya tidak memicu asam lambung naik," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini