Sumber Polusi di Dalam Ruangan yang Kerap Tidak Anda Sadari

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 17 Mei 2017 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 17 481 1693163 sumber-polusi-di-dalam-ruangan-yang-kerap-tidak-anda-sadari-ffBVeqBcXx.jpg Ilustrasi (Foto: Theconversation)

PERSOALAN polusi udara seakan menjadi masalah yang tidak habis-habisnya dibicarakan. Apalagi di kawasan perkotaan, polusi dari asap kendaraan bermotor masih memberi andil risiko penyakit saluran napas, termasuk asap rokok.

Tahukah Anda ternyata polusi udara di Jakarta mencapai 45 μg/m3. Angka ini melampaui empat kali lipat dari batas yang ditentukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan tiga kali lebih tinggi dibandingkan batas normal.

Ternyata di luar ruangan saja, polusi udara di dalm ruangan juga memengaruhi kesehatan. Dr Feni Fitriani, SpP(K), spesialis paru dari RSUP Persahabatan memgatakan, di dalam ruangan sendiri ada sumber-sumber polusi udara uang kerap tidak disadari.

Berikut benda-benda yang menimbulkan polusi udara di dalam ruangan, berdasarkan penjelasan dr Feni.

Asap rokok

"Terutama asap rokok. Asap rokok pun menjadi sumber dan polusi udara, karena terdapat gas beracun, seperti karbon monoksida, sulfur dioksida, nitrogen, dan partikel lainnya. Secara tidak disadari ini bisa memengaruhi kesehatan," terang dr Feni dalam peluncuran Air Purifier Honeywell di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2017).

Pembakaran

Sumber pembakaran dari rumah, seperti masak di rumah, lilin yang menyala, atau perapian. Bila seseorang terpapar asap pembakaran ini dalam jangka lama, dapat menimbulkan risiko kesehatan saluran napas. Namun, asbes yang sudah terjamin kualitasnya, dapat memengaruhi kesehatan

Furnitur baru

Furnitur baru juga bisa mengganggu pernapasan kita. Dr Feni menambahkan, furnitur seperti karpet, maupun wallpaper tembok yang baru mengandung formal dehida juga dapat menimbulkan iritasi pernapasan.

Mikroorganisme

Mikroorganisme memiliki ukuran yang kecil dan halus, sehingga tidak terlihat secara kasat mata. Dr Feni menyebutkan mikroorganisme yang berdampak buruk pada sistem pernapasan, seperti bakteri, virus, atau serangga tungau.

Radon

"Kebocoran gas yang berasal dari bawah tanah, bisa menimbulkan bahaya radon bagi kesehatan," ujarnya. Bila sebuah bangunan todak cukup bagus dasarnya, radon masih bisa masuk ke dalam ruangan.

Menurut dr Feni, bahaya radon ini masih kurang disoroti, karena banyak orang yang terfokus pada polusi udara di luar ruangan. Masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk meneliti bahaya radon ini.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini