nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asap Rokok yang Menempel di Perabot Rumah Bahayakan Kesehatan Balita

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 17 Mei 2017 16:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 17 481 1693243 asap-rokok-yang-menempel-di-perabot-rumah-bahayakan-kesehatan-balita-AlqggBC7ZX.jpg Ilustrasi (Foto: Eumom)

BAHAYA asap rokok tidak hanya mengintai perokok pasif dan aktif, tetapi juga third hand smoke. Ketika seseorang merokok, paparan asap akan menempel pada dinding maupun pakaian, inilah bahayanya ketika orang ketiga menghirup paparan asap yang menempel.

Dr Feni Fitriani, SpP(K), spesialis paru dari RSUP Persahabatan, menjelaskan bahwa polusi yang menempel akibat asap rokok ini patut menjadi perhatian. Pasalnya, rokok punya sekian macam zat kimia yang membahayakan kesehatan sistem pernapasan.

"Banyak bahan karsinogenik. Ada dikenal dengan istilah third hand smoke, yakni bahan yang menempel di dinding, pakaian, perbabot, dan karpet yang tidak bisa dibersihkan dengan cara biasa," terang dr Feni di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2017).

Ia mengatakan, tersapat satu penelitian yang menganalisis sebuah apartemen di mana penghuninya merokok. Tiga bulan ruangan dikosongkan dan diteliti apakah ada bahan-bahan berbahaya yang masih menempel dan ternyata masih ada.

Perabot yang terpapar bahan berbahaya ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan cara dicuci atau dilap dengan air saja. Paparan ini justu membahayakan keluarga yang memiliki balita

Dr Feni melanjutkan, jika si kecil sering memegang karpet dan sofa yang terpapar asap rokok, lalu memasukkan tangannya ke mulut, bisa saja meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan.

"Bila paparannya semakin lama, tentu risiko penyakitnya semakin besar. Balik lagi, saluran napasnya yang paling rentan. Biasanya, kepada anak-anak, infeksi saluran napasnya akan lebih tinggi," tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini