Ini Kuncinya agar Kesehatan Paru-Paru Anda Terjaga

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 17 Mei 2017 22:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 17 481 1693414 ini-kuncinya-agar-kesehatan-paru-paru-anda-terjaga-Pn2xNhTDDV.jpg Ilustrasi (Foto: Healthydietbase)

PAPARAN polusi baik di luar maupun di dalam ruangan dapat meningkatkan risiko penyakit paru-paru. Bila paparan dibiarkan tanpa adanya tindakan pencegahan bisa menimbulkan beragam gejala.

Dr Feni Fitriani, SpP(K), spesialis paru dari RSUP Persahabatan, mengatakan terdapat beragam jenis polusi yang dapat merusak kesehatan paru-paru. Polusi bisa berupa debu, gas, maupun partikel halus.

Bila daya tahan seseorang rendah, dapat memicu keluhan pernapasan dengan gejala ringan hingga berat.

"Keluhan pernapasan dari yang ringan sampai berat. Mulai dari bersin sampai ia merasakan tidak nyaman sampai benar-benar sakit. Misalnya, flu, batuk pilek, hingga infeksinya berat," jelas dr Feni di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2017).

Agar kesehatan paru-paru dapat terjaga, dr Feni menyarankan untuk menjauhi sumber polusi sebisa mungkin, termasuk berhenti merokok.

Dr Feni mengingatkan olahraga merupakan kunci untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh kuat yang kuat memampukan imunitas untuk melawan bakteri dan virus yang menyerang paru-paru juga.

"Kalau daya tahan tubuh kita kuat, apapun yang masuk masih bisa tahan. Kalau kita sehat, kita enggak perlu parno, santai saja," tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini