Image

Jangan Mengaku Modern jika Toilet di Rumah Masih Jorok

Vessy Frizona, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 04:05 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 05 18 196 1694207 jangan mengaku modern jika toilet di rumah masih jorok 2hvrWS6sr8.jpg Ilustrasi toilet (Foto: Stylishmods)

KAMAR mandi adalah bagian paling intim dari sebuah rumah. Sebagai pusat perawatan dan kebersihan diri sehari-hari, kebersihan kamar mandi perlu ditingkatkan agar pemilik rumah dapat bersantai dan menjauh sejenak dari permasalahan hidup.

Namun, kesibukan kaum urban di kota, tidak memungkinkan untuk rutin membersihkan kamar mandi. Terutama toilet. Sehingga akibat membiarkan toilet kotor, muncullah kerak serta karat.

Tapi kini sudah muncul beragam jenis toilet yang mudah dibersihkan. Seperti dari toilet jongkok yang cepat kotor, ke toilet duduk yang lebih terpelihara. Kemudian, dari toilet duduk di kamar mandi basah, berganti di kamar mandi kering. Sehingga tidak membekas lagi bercak air dan karat yang juga akibat air.

Dengan beragam solusi itu, ternyata masih saja toilet cepat kotor karena bercak air atau kotoran. Untuk menghindari itu semua, inovasi baru muncul lewat desain toilet yang tidak merepotkan.

Associate Manager Design Consulting Kitchen and Bath Indonesia, Matilda Tamba menjabarkan bahwa untuk memberikan kebersihan maksimal pada toilet, desain saluran tepi harus tidak tampak pada bagian dalam toilet sehingga mudah untuk dibersihkan.

"Dengan desain bagian tepi tidak mendatar lagi, melainkan miring agar tidak ada lagi kotoran yang tersangkut dan tidak ada kuman yang tersembunyi serta air yang meluap," kata Matilda kepada Okezone saat ditemui di kawasan Tangerang, belum lama ini.

Ia pun menambahkan, teknologi pembilasan harus dilengkapi dengan alat yang dapat membersihkan secara menyeluruh dalam hitungan detik dengan siraman dinamis 360 derajat.

"Desain tempat duduk bersusun yang unik memungkinkan dudukan untuk terangkat dengan mudah tanpa menyentuh bagian dalam toilet. Ada pun tersedia quick release seat yang berfungsi dipindahkannya tempat duduk dalam hitungan detik tanpa alat tambahan sehingga memudahkan pembersihan," jelasnya.

(Vien Dimyati)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini