Image

Bikin Deg-degan Lihat Atraksi Lompat Batu di Nias

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 18 Mei 2017, 23:30 WIB
https: img k.okeinfo.net content 2017 05 18 406 1694451 bikin deg degan lihat atraksi lompat batu di nias QVcIMaQpcf.JPG Lompat Batu Nias (foto: Instagram/@etnisnias)

TRADISI lompat batu yang ada di Pulau Nias, tidak mudah dilakukan seperti kelihatannya. Tradsi ini dilakukan oleh laki-laki mulai dari 10 tahun. Dengan melewati batu itu, seorang anak laki-laki baru dianggap dewasa.

Lompat batu dilakukan dengan sangat serius. Lompatandiartikan sebagai peralihan masa kanak-kanak ke masa dewasa. Dengan mengenakan pakaian adat keprajuritan, mereka yang menjalani tradisi lompat batu, diartikan siap untuk berperang dalam kehidupan dan siap memikul tanggung jawab.

Melompati batu setinggi dua meter dan memiliki ketebalan 40 cm menjadi tugas akhir sang prajurit. Selain itu, tambahan bambu runcing yang ditempatkan di atas batu tak jarang ada dengan tujuan untuk meningkatkan taruhan lompatannya.

#niasselatan #nias #niasisland #bawomataluwo #lompatbatunias #lompatbatu #dedehanakoko #dedekoko

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dede Koko (@dedehanskoko) pada Jul 30, 2016 pada 7:26 PDT

Tidak hanya dijadikan tradisi, lompat batu juga bisa dijadikan pertunjukkan yang menarik kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara. Wisatawan dapat menyaksikan ketangguhan dan kegagahan para anak laki-laki pulau Nias yang sedang berproses perubahan masa anak-anak ke dewasa.

Banyak nilai yang terkandung dalam tradisi lompat batu. Salah satu nilainya yaitu nilai kehidupan yang dapat dijadikan wadah untuk menentukan kedewasaan seorang anak laki-laki dan untuk membentuk karakternya agar menjadi laki-laki yang kuat dan tangkas dalam menjalani kehidupan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini