Image

Hutan di Rusia Bisa Menari, Kok Bisa?

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 06:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 18 406 1694489 hutan-di-rusia-bisa-menari-kok-bisa-RjUXcCpny4.jpg Pohon Pinus Meliuk di Rusia (foto: Cliford Dive/Atlasobscura)

BILA hutan pinus yang sering Anda lihat dan yang Anda tahu memiliki batang lurus menjulang ke atas, maka berbeda dengan hutan pinus yang ada di Rusia. Di antara laut Baltik dan laguna Curonian, ada sebuah hutan pinus yang batang pohonnya tidak normal.

Batang-batang pohon pinus di hutan ini tampak seperti menari, bukannya lurus ke atas justru malah berlanggok-lenggok, dan tampak berputar tidak seperti pohon pinus kebanyakan. Batang-batang pohon aneh ini masih menjadi misteri dan sejuta pertanyaan.

Pohon-pohon pinus berbatang menari itu sudah ditanam pada awal 1960-an, dengan tujuan untuk menstabilkan gundukan pasir. Penduduk setempat menduga batang pohon pinus bisa menjadi seperti itu karena akibat dari lokasi penanaman yang merupakan pasir. Mereka menyebut hutan menari dengan sebutan hutan mabuk.

(foto: Cliford Dive/Atlasobscura)

Teori ilmiah dari studi yang telah dilakukan pada hutan pinus menari menyatakan ulat bulu merusak tunas pinus saat usianya dini, menyebabkan pohon-pohon tumbuh berbatang aneh. Tapi ada juga yang mengatakan ada kekuatan magis supranatural yang memanipulasi bentuk pohon. Ada pula legenda yang menceritakan pohon-pohon pinus berbatang menari memutar dan membungkuk agar membuktikan kekuatan Tuhan.

Banyaknya cerita-cerita yang berkembang di masyarakat lokal menimbulkan sebuah keyakinan yang menyebutkan jika mendaki salah satu cincin batang maka dapat menambah usia satu tahun.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini