nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Minum Soda Bisa Sebabkan Kemandulan?

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 18 Mei 2017 11:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 05 18 481 1693901 sering-minum-soda-bisa-sebabkan-kemandulan-RUCrZ1USHQ.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

MINUMAN bersoda memang melegakan dahaga di saat cuaca panas. Namun, terlalu banyak minum minuman bersoda bisa meningkatkan risiko stroke, diabetes, serangan jantung, dan lainnya.

Adapun sebagian orang lebih memilih minuman diet soda untuk menghindari efek peningkatan berat badan. Padahal, minuman diet soda menggunakan pemanis buatan yang kerap dikaitkan dengan peningkatan berat badan, diabetes, dan penyakit jantung.

Sebuah penelitian baru-baru ini juga menemukan sifat dari soda diet dan minuman soda lainnya, dapat menyebabkan kemandulan atau ketidaksuburan. Ditambah lagi dengan gaya hidup yang tidak sehat.

Umumnya, minuman aerasi mengandung pemanis buatan aspartam. Senyawa ini dapat mengganggu sistem endokrin dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan masalah kemandulan pada wanita.

"Hampir semua minuman ringan dan soda yang mengandung aspartam terkait dengan masalah kesehatan, termasuk ketidaksuburan, malformasi, dan keguguran," terang Arvind Vaid, seorang ahli IVF.

Ia melanjutkan, kelebihan konsumsi minuman ringan dan bersoda dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan fluktuasi hormon, sehingga menyebabkan gangguan ovulasi dan memperburuk gejala pramenstruasi.

Sperma dan sel telur, memiliki kemungkinan kematian 90 persen ketika seseorang mengonsumsi minuman tersebut secara berlebihan. Para ahli biasanya tidak menyarankan asupan yang bisa membahayakan kesehatan reproduksi.

Sementara itu, Rachna Jaiswar dari Gynaecology Department of Safdarjung Hospital, menjelaskan bahwa minuman bersoda dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga menyebabkan penambahan berat badan dan ketidakseimbangan hormon. Jelas, kedua masalah ini dapat berkontribusi terhadap masalah kesuburan.

"Soda adalah minuman yang sangat asam dan mengubah tingkat pH tubuh jika dikonsumsi berlebihan," ujar Jaiswar.

Bila Anda dan pasangan sedang merencanakan memiliki anak, ini saatnya menjalankan pola hidup yang sehat untuk menjaga kesuburan reproduksi. Salah satunya dengan tidak mengonsumsi minuman bersoda atau yang mengandung aspartam. Demikian disadur dari laman Kashmirmonitor, Kamis (18/5/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini