Image

Solusi Terbaik Mencegah Bersin-Bersin di Pagi Hari

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 18 Mei 2017, 16:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 18 481 1694047 solusi-terbaik-mencegah-bersin-bersin-di-pagi-hari-cz3O5L9MHf.jpg Ilustrasi (Foto: Globeviews)

APAKAH Anda punya kebiasaan bersin-bersin saat di pagi hari? Mungkin Anda belum tahu persis apa penyebabnya. Sebetulnya ada dua pencetus utama yang menyebabkan seseorang lebih sering bersin di pagi hari.

Dr Feni Fitriani, SpP(K), spesialis paru dari RSUP Persahabatan, menyebut kondisi ini sebagai atopi. Pemicu alergi ini ternyata berbeda-beda setiap orang, baik akibat udara dingin atau debu yang berterbangan.

"Alergi ini bisa mencetuskan tiap orang dalam kondisi yang berbeda. Kalau udara dingin dia bersin dan hilang dalam udara hangat, itu berarti pencetusnya alergi terhadap udara dingin," jelas dr Feni di kawasan Menteng, Rabu 17 Mei 2017.

Sementara sebagian atopi disebabkan oleh paparan debu dan partikel halus di dalam ruangan. Memang kondisi ini mengganggu, tetapi cara mengatasinya cukup dengan menghindari faktor pemicunya.

"Cara menghilangkannya, lebih baik hindari sumber pemicu dan modifikasi. Lebih baik kita menghindari polusi di dalam rumah," terang dr Feni.

Bagi Anda yabg memiliki alergi akibat udara dingin, cukup menghangatkan diri dan tidak membuka jendela di saat udara sedang dingin. Jangan pula berlama-lama berada di ruangan berdebu. Maka dari itu penting untuk menjaga kebersihan di rumah agar Anda terhindar dari risiko atopi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini