Image

Rutin Konsumsi Telur Mampu Mengurangi Risiko Jantung

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 07:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 18 481 1694249 rutin-konsumsi-telur-mampu-mengurangi-risiko-jantung-8LBHySYgeh.jpg Ilustrasi (Foto: Standard)

TAK sedikit orang yang memilih sarapan telur untuk menjaga stamina mereka. Telur baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan protein dan mineral yang tinggi.

Sebagian orang menghindari asupan telur karena kadar kolesterol yang tinggi dan diyakini meningkatkan risiko penyakit jantung. Padahal, telur menjadi salah satu makanan terbaik dari sumber alam.

Melansir laman Standard, Jumat (19/5/2017), berikut keuntungan dan manfaat dari konsumsi telur.

Menurunkan kolesterol

Telur memiliki sumber kolesterol baik atau HDL yang tinggi. Penelitian menunjukkan, kadar HDL dalam tubuh dapat menurunkan risiko kesehatan serius, seperti penyakit jantung dan stroke. Makan dua butir telur sehari dapat meningkatkan kadar HDL hingga 10 persen. Namun, ada baikmya tidak mengonsumsi telur secara berlebihan.

Mengandung kolin

Kolin adalah nutrisi vital yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Kolin mampu membantu meningkatkan fungsi otak, hati, sistem saraf, otot, dan membangun membran sel.

Bagus untuk penglihatan

Wajar bila penglihatan kian memburuk seiring bertambahnya usia. Namun, telur mampu membantu memperlambat proses ini. Telur mengandung beberapa senyawa antioksidan yang kuat, seperti lutein dan zeaxanthin yang dapat menjaga kesehatan mata jangka panjang.

Mengurangi risiko sakit jantung

Konsumsi asam lemak omega-3 dapat mengurangi kadar trigliserida dalam darah, yang diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi lima telur yang mengandung omega-3 dapat membantu mengurangi kadar trigliserida hingga 18 persen.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini