Tips Memilih & Menyimpan Bumbu Dapur agar Lebih Tahan Lama

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 22 Mei 2017 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 19 298 1695299 tips-memilih-menyimpan-bumbu-dapur-agar-lebih-tahan-lama-qq0sWVWQA2.jpg Cara menyimpan bumbu dapur agar tahan lama (Foto:Shutterstock)

MENGINGAT bumbu dapur begitu penting, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui agar masakan anda terasa lebih lezat dan menggoda. Khususnya menyangkut teknik pemilihan dan penyimpanannya.

Tidak perlu khawatir! Berikut Okezone rangkumkan tips memilih dan menyimpan bumbu dapur agar dapat bertahan lebih lama, sebagaimana dikutip dari buku 124 Tips Membuat Urusan Rumah Tangga Jadi Gampang dan Irit, karya Windya Novita, Jumat (19/5/2017).

Pilih yang masih utuh

Jika Anda ingin membeli bumbu segar seperti jahe, kunyit, bawang, atau serai, pilihlah yang masih segar, utuh, dan tidak memiliki bercak putih. Bercak putih menandakan bahwa bumbu masak sudah tidak segar dan berjamur.

Cuci bersih

Ketika ingin menyimpan bumbu segar, cucilah terlebih dahulu hingga bersih. Setelah itu, kemas dalam plastik atau wadah kedap udara. Lalu simpanlah di dalam freezer. Dengan cara ini, bumbu segar dapat beratahan 1-2 bulan.

Beli seperlunya

Berbeda dengan bumbu segar, hindari membeli bumbu kering terlalu banyak. Pasalnya, jika bumbu kering disimpan lama, ia akan mudah kehilangan aromanya.

Tutup rapat kemasan/wadah

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang adalah, tidak menutup rapat kemasaan setelah menggunakan bumbu. Hal ini akan sangat fatal karena bumbu bisa saja terkontaminasi mikroba berbahaya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini