Image

Teh Juga Bisa Diseduh dengan Teknik V60 Seperti Kopi Lho

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 20:05 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 05 19 298 1695547 teh juga bisa diseduh dengan teknik v60 seperti kopi lho e19UogegZ7.jpg Teh juga bisa diseduh dengan teknik V60 (Foto:Devi/Okezone)

 

MENYERUPUT kopi yang diseduh dengan teknik dan alat V60 memang sudah lumrah. Apalagi jika bertandang ke coffee shop, teknik ini termasuk yang sangat populer. Tapi siapa sangka ternyata bukan hanya kopi yang bisa diseduh pakai alat ini karena teh juga bisa. Lho kok?

Ya, teh juga bisa diseduh dengan menggunakan alat V60. Memang tidak ada aturan yang mengharuskan teh diseduh dengan alat ini tapi teknik ini adalah hasil inovasi yang dilakukan dan ternyata menghasilkan teh yang tak kalah nikmat.

Dijelaskan Effendi, marketing dari PT Harendong Green Farm saat ditemui Okezone di Jakarta. Untuk menyeduh teh dengan teknik V60 caranya hampir sama dengan menyeduh kopi. Teh diletakkan pada corong kerucut yang sebelumnya sudah diberi kertas filter kemudian dituangkan air panas dan dibiarkan hingga air menetes perlahan bersama sari dari seduhan daun teh.

“Caranya persis sama, air yang dipakai juga tidak boleh air mendidih, suhunya sekira 70 sampai 90 derajat Celsius. Dituang perlahan dan diamkan supaya sari dari teh terekstraksi sempurna,” kata Effendi.

Meski mirip seperti menyeduh kopi dengan V60, tapi tetap ada perbedaannya. Jika kopi hanya bisa diseduh sekali, teh bisa bisa diseduh beberapa kali. “Ini diseduh tiga sampai empat kali masih oke. Masih ada aroma, rasa, warna masih kuat. Beda kalau kopi kan hanya sekali seduh,” lanjut Effendi.

Pria ramah ini mengatakan tidak ada alat V60 khusus teh, semua alat yang digunakan adalah sejatinya untuk pembuatan kopi namun bukan tidak mungkin bisa juga jadi alternatif cara baru menikmati teh. “Ini cara baru saja, biar enggak bosan dan bisa merasakan sensasi yang beda. Jenis teh yang dipakai juga bisa apa saja, teh hijau, teh hitam dan lainnya,” pungkas Effendi.

(Santi Andriani)

Bagikan Artikel Ini

Berita Rekomendasi

Teh Organik
Cari Berita Lain Di Sini