Image

Unik! Penari Laki-Laki Khatakali di India Harus Dirias

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 19 Mei 2017, 15:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 19 406 1694904 unik-penari-laki-laki-khatakali-di-india-harus-dirias-GLb8eGYh01.JPG Tarian Khatakali, India (foto: Instagram/@nomadic_philosophy)

HAMPIR semua film bollywood menampilkan tarian-tarian yang dibawakan oleh para pemerannya. Tarian itu dibawakan sangat apik dan kompak. Hingga kesan indah dan mengagumkan pun muncul karena gerakan-gerakan yang sempurna.

Namun, pernahkah Anda mengira ada tarian asal india yang penarinya mengenakan riasan wajah dan hanya dilakukan oleh kaum pria? Tarian unik ini tentunya memiliki daya pikat bagi para wisatawan agar tertarik mengunjungi India. Khatakali, begitu nama tariannya.

Khatakali danse theater show - Varkala (Kerala - India) - 2010 !! #khatakali #khatakalidance #india #inde #jayanthan #varkala #kerala #dance #theater #indiantheatre

Sebuah kiriman dibagikan oleh François Le Helloco Boulenger (@francoislehellocoboulenger) pada Mei 17, 2017 pada 10:16 PDT

Khatakali termasuk tarian klasik India. Tarian ini merupakan drama dansa berasal dari negara bagian Kerala, India Selatan. Khatkali menyampaikan pesannya melalui gerakan kaki, badan, dan ekspresi wajah yang memukau.

Uniknya, penari katakhali yang seorang pria harus dirias wajahnya dengan riasan yang rumit dan tebal serta terkesan jenaka, lengkap dengan kostum yang khas. Namun gerakan tarian ini berasal dari gerakan bela diri dari daerah setempat yang tegas, kontras sekali dengan kostum dan riasannya.

Khatakali diambil dari kata "Katha" dan "Kali" yang berasal dari bahasa Sansekerta. Katha yang artinya sebuah cerita atau cerita tradisional dan Kali yang berarti seni dan pertunjukan. Bagaimana tertarik menyaksikan tarian yang unik ini?

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini