8 Tips Sehat Menambah Berat Badan untuk si Kurus yang Ingin Gemuk

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 21 Mei 2017 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 19 481 1695090 8-tips-sehat-menambah-berat-badan-untuk-si-kurus-yang-ingin-gemuk-wCNz3pNVX5.jpg Ilustrasi (Foto: Skinnier)

TIDAK hanya kurang enak dilihat, mempunyai tubuh yang terlalu kurus atau kerempeng bisa mempengaruhi kesehatan. Karena, bisa menjadi pertanda tubuh tidak mendapat nutrisi yang cukup.

Namun, menambah berat badan secara sehat bisa menjadi pekerjaan yang tidak mudah. Kuncinya adalah mengendalikan nafsu makan agar berat badan bertambah sampai batas yang sehat.

Berikut tips untuk menambah berat badan yang sehat untuk si kurus seperti dilansir dari Boldsky:

Sarapan sehat

Setelah malam yang panjang, sarapan sehat membantu Anda meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan metabolisme penting untuk merangsang rasa lapar.

Memasak sendiri

Orang menemukan makanan yang enak jika merasa memasak sendiri. Jadi, jika Anda tidak tahu cara memasak makanan atau pemula, cobalah belajar memasak. Selalu lebih sehat jika Anda memasak sendiri, ini juga baik untuk nafsu makan.

Mengonsumsi makanan porsi kecil dan sering

Hal ini penting karena 2 alasan kunci. Pertama, secara psikologis, mengonsumsi makanan dalam porsi kecil kurang menakutkan daripada mengonsumsi dalam jumlah banyak. Kedua, penting agar kita memberi makanan cukup waktu untuk dicerna.

Mengonsumsi terlalu banyak makanan dalam jumlah besar juga bertanggung jawab atas kondisi obesitas. Ini karena kalori ekstra yang dikonsumsi bisa diubah menjadi lemak yang tidak diinginkan.

Konsumsi camilan sehat

Kita harus mengganti camilan umum seperti keripik dengan alternatif yang lebih sehat, seperti pisang. Camilan ringan sangat penting untuk mendapatkan massa tubuh, karena dikonsumsi dalam jumlah kecil. Selain itu, camilan ringan sehat dapat memberi dorongan yang diperlukan untuk menambah berat badan.

Makan bersama-sama

Makan bersama-sama dengan orang lain bisa menghilangkan perhatian Anda dari tigas makan yang menakutkan. Dalam kondisi seperti itu, makan lebih terasa kurang menantang secara psikologis.

Mintalah keluarga atau teman untuk makan bersama. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan nafsu makan, tetapi juga membuat selera makan Anda bergairah. Pada akhirnya, berat badan akan bertambah dengan sehat.

Makan dengan menu bervariasi

Tidak ada yang suka monoton, termasuk menu makanan. Cobalah memvariasikan resep Anda agar sesuai dengan mood. Jangan biarkan selera makan Anda terbiasa dengan jenis makanan yang sama.

Olahraga

Olahraga seperti latihan kardio meningkatkan nafsu makan. Hal ini memberi metabolisme lonjakan yang diinginkan. Ada 2 hormon kunci yang mengendalikan nafsu makan Anda, yaitu ghrelin dan peptide YY. Jika hormon pertama merangsang rasa lapar, yang kedua berperan mengendalikannya. Kedua hormon ini dipengaruhi oleh olahraga.

Memvariasikan latihan

Seiring waktu, Anda akan merasa kehilangan efek dari latihan. Tubuh secara alami menyesuaikan diri dengan latihan. Karena itu, kemampuan untuk meningkatkan metabolisme dan rasa lapar berkurang seiring berjalannya waktu. Jadi, penting bagi Anda untuk mengubah rezim latihan.

Anda dapat mengubah jadwal latihan beban dengan menambahkan lebih banyak bobot atau pengulangan. Anda mengubah rezim kardio untuk memasukkan berbagai bentuk latihan inovatif, seperti seni bela diri dan berenang. Hal ini juga akan mengalahkan kejenuhan saat mengikuti rezim latihan berat yang membosankan, berulang dan monoton.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini