nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, 10 Makanan Ini Bisa Memicu Peradangan!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 22 Mei 2017 07:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 19 481 1695104 awas-10-makanan-ini-bisa-memicu-peradangan-yAHH7PLv40.jpg Ilustrasi (Foto: Womenfitness)

PERNAH Anda menyadari bahwa makanan yang Anda konsumsi dapat berpengaruh langsung terhadap kesehatan? Yup, sejumlah makanan yang mungkin Anda konsumsi sehari-hari bisa memicu peradangan. 

Kita tidak sadar kandungan di dalam makanan dapat menyebabkan peradangan. Karena, biasanya kita telah terlena dengan nikmatnya makanan tersebut.

Sejumlah makanan lezat memang memanjakan lidah. Tapi, terkadang tersembunyi kandungan-kandungan tertentu di dalamnya memicu peradangan.

Berikut makanan-makanan yang dapat memicu peradangan seperti dilansir dari laman Boldsky:

1. Tepung yang dimurnikan

Tepung terigu halus telah diketahui tanpa serat dan nutrisi yang mudah larut. Karena itu, ketika tubuh mencerna makanan yang mengandung glukosa ini, kadar gula darah Anda bisa meningkat, sehingga juga dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin.

2. Pemanis buatan

Pemanis buatan diketahui meningkatkan risiko intoleransi glukosa dengan cara mengubah mikrobioma usus. Bila tubuh tidak dapat memetabolisme glukosa dengan benar, maka dapat menyebabkan pelepasan sitokin inflamasi yang lebih besar.

3. Pewarna buatan

Bahan pewarna buatan yang terbuat dari minyak tertentu diketahui mengganggu fungsi hormon, dan menyebabkan tumor. Selanjutnya, sistem kekebalan tubuh mencoba untuk mempertahankan tubuh dari pewarna sintetis ini, akhirnya mengaktifkan kaskade inflamasi.

4. Lemak jenuh

Lemak jenuh diketahui memicu peradangan jaringan adiposa putih. Seiring sel-sel lemak menjadi lebih besar dengan asupan lemak jenuh yang lebih besar, mereka melepaskan agen pro-inflamasi yang meningkatkan peradangan sistematik.

5. Minyak nabati

Beberapa makanan yang mengandung minyak nabati adalah dressing salad, saus barbekyu, dan keripik kentang. Minyak nabati memiliki konsentrasi tinggi lemak inflamasi, omega 6, dan akan menimbulkan malapetakan bagi kesehatan Anda. '

6. Susu

Susu merupakan sumber peradangan mengandung lemak jenuh. Selanjutnya, susu full-fat diketahui mengganggu mikrobiom usus, yang sebenarnya adalah bakteri baik yang diketahui bisa mengurangi peradangan.

7. Daging beku

Daging beku, seperti sapi, ayam dan babi biasanya dilengkapi dengan antibiotik untuk membuat mereka menambah berat badan lebih cepat. Jenis daging yang kita makan tinggi lemak jenuh. Ini karena tubuh dalam keadaan konstan menyerang menelan sisa kadar antibiotik dan hormon. Inilah salah satu makanan penyebab peradangan yang bisa membuat Anda gemuk.

8. Daging olahan

Daging olahan dibuat dengan daging merah yang tinggi lemak jenuh, serta mengandung produk akhir glycation tingkat tinggi (AGEs). Ini adalah senyawa inflamasi yang tercipta saat daging olahan dikeringkan, diisap atau dimasak dalam suhu tinggi.

9. Roti putih

Roti yang dibeli di toko perlu dihindari jika ingin menurunkan berat badan. Makanan ini mengandung pati yang dikenal sebagai amylopectin A, memiliki efek inflamasi.

10. Makanan digoreng

Makanan digoreng diproses menggunakan minyak nabati, karenanya mengandung produk akhir glikinasi tingkat lanjut yang tinggi (AGEs). Mengurangi konsumsi makanan seperti kentang goreng, ayam goreng, dan sebagainya akan membantu mengurangi peradangan di tubuh.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini