nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Hal yang Membuat Anda Mudah Sakit di Kantor

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 22 Mei 2017 06:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 19 481 1695344 4-hal-yang-membuat-anda-mudah-sakit-di-kantor-cRWsE1wrUW.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

BEKERJA di perkantoran megah, duduk di hadapan komputer selama berjam-jam, mungkin memberikan penghasilan ekstra bagi Anda. Tapi ada beberapa hal yang kerap tidak sadari, beberapa kebiasaan saat bekerja justru menggerogoti kesehatan fisik Anda.

Melansir laman Thisisinsider, Senin (22/5/2017), berikut hal yang membuat Anda jadi mudah sakit saat bekerja.

Duduk sepanjang hari

Duduk dalam waktu lama dapat berakibat mengerikan bagi tubuh. Termasuk menyebabkan kematian dini. Beberapa penyakit kronis yang mengintai, antaralain obesitas, diabetes, kanker, penyakit jantung, dan lainnya. Salah satu cara terbaik adalah dengan bergerak selama beberapa menit setiap jam.

Duduk membungkuk di kursi

Apakah Anda sering mengalami sakit punggung atau nyeri pada bagian punggung bawah. Menurut Mayo Clinic, kebiasaan duduk bungkuk dapat menyebabkan sakit punggung, kepala, dan masalah lainnya. Ubah posisi duduk Anda, luruskan punggung, dan jangan usahakan terlalu bersandar pada kursi.

Perjalanan yang terlalu lama

Jangan remehkan, kemacetan di jalan dapat menyebabkan pola tidur yang buruk, kolesterol tinggi, serta peningkatan risiko depresi. Menurut University School of Medicine di Saint Louis dan Cooper Institute di Dallas, kemacetan dapat meningkatkan risiko depresi dan kecemasan.

Lembur menyebabkan obesitas

Mereka yang sering lembur lebih mungkin berisiko terhadap diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit jantung. Menurut penelitian dari Harvard University pada 2009, kerja lembur mengakibatkan penurunan hormon leptin, yang bertanggung jawab untuk menahan nafsu makan, serta terjadinya peningkatan hormon kortisol. Maka, tidak heran karyawan yang lembur cenderung lebih sering makan dibandingkan yang tidak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini