nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bepergian ke Luar Negeri, Begini 3 Tips Mudah Mengatasi Jet Lag

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Minggu 21 Mei 2017 11:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 19 481 1695404 bepergian-ke-luar-negeri-begini-3-tips-mudah-mengatasi-jet-lag-2lKJBwJAim.jpg Ilustrasi (Foto: Travelbetter)

PERGI keluar negeri dalam rangka dinas kerja atau liburan, pasti selalu ada satu masalah yang dihadapi. Apalagi kalau bukan jet lag. Membutuhkan waktu satu sampai dua hari untuk mengatasi jet lag, sementara aktivitas lainnya menunggu Anda untuk cepat bergerak.

Sebetulnya ada trik mudah mencegah jet lag dengan cepat. Berikut tips mengatasi jet lag, dilansir dari laman Health, Minggu (21/5/2017).

Tidur di pesawat

Saat di pesawat, jangan terlalu menyibukkan diri Anda dengan permainan atau ngobrol dengan teman. Namun, sisipkan waktu untuk tidur. Pasalnya, insomnia menjadi persoalan hampir setiap orang yang mengalami jet lag. Memang wajar ketika seseorang mengalami gangguan tidur pada jam normal. Namun, cobalah untuk tidur senyenyak mungkin di dalam pesawat, menghindari jet lag saat tiba ditujuan.

Minyak lavender

Jangan lupa membawa minyak lavender untuk mempromosikan ketenangan dalam diri. Sebuah studi yang dilakukan Wesleyan University mengatakan, lavender terbukti sebagai obat penenang ringan yang membantu seseorang tidur dengan nyenyak.

Sesampai Anda di hotel, cukup teteskan minyak lavender pada bantal. Semerbak aroma lavender memudahkan Anda tidur pulas, menyesuaikan zona waktu di tempat tujuan.

Berjemur di bawah matahari

Perjalanan terbang dari negara timur ke barat memang menimbulkan rasa kantuk yang berlebihan. Mungkin Anda kesulitan menyesuaikan diri dengan zona waktu. Selain melakukan dua hal di atas, cobalah untuk keluar sejenak saat matahari masih bersinar. Berjalan kaki di bawah sinar matahari dapat memulihkan tubuh Anda dari perjalanan panjang.

Begitu rasa kantuk menyerang di siang hari, cuci wajah dan paksa diri Anda untuk berjalan kaki. Memanjakan diri dengan tidur siang sesampainya di hotel, hanya memperpanjang jet lag.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini