Image

Syarat agar Lansia Sehat dan Lancar Berpuasa

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 10:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 19 481 1695697 syarat-agar-lansia-sehat-dan-lancar-berpuasa-cZXZNnH6kb.jpg Ilustrasi (Foto: Independent)

LANSIA boleh melakukan puasa jika dirinya merasa sehat dan tak ada halangan. Tapi jangan jadikan momen puasa sebagai bentuk 'balas dendam' yang justru membuat gaya hidup Anda tak sehat.

Spesialis Geriatri Prof Dr dr Siti Setiati SpPD-KGer MEpid FINASM mengatakan, lansia boleh berpuasa tetapi harus mengendalikan dirinya. Anda harus tetap mengatur kebutuhan kalori dan rutin aktivitas fisik.

"Lansia sepanjang sehat boleh puasa. Kalaupun sakit, selama penyakitnya terkendali boleh juga puasa," ujar Prof Ati saat ditemui di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat 19 Mei 2017.

Saat puasa, lansia diharapkan untuk mengurangi asupan kalorinya sekira 20-30 persen. Ketika berbuka puasa, Anda juga harus memilih menu yang tepat

"Saat buka puasa tetap harus menjaga asupan makanan. Buka dengan makanan secukupnya dan tidak berlebihan," katanya.

Ketika sahur juga waktunya tidak terlalu panjang. Usai makan, usahakan jangan langsung tidur karena bisa membahayakan lambung.

Saat sahur, usahakan pula banyak minum air putih. Kurangi konsumsi minuman manis karena bisa membuat tubuh lemas.

"Saat sahur jangan minum manis. Tubuh bisa lemas saat puasa dan terus-menerus buang air kecil. Ini harus dihindari," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini