Image

Hai Ayah, Ternyata Asupan Vitamin D Anda Akan Memengaruhi Pertumbuhan Anak Loh!

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 11:24 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 05 20 481 1695848 hai ayah ternyata asupan vitamin d anda akan memengaruhi pertumbuhan anak loh cH4mykg8z0.jpg Ayah dan Anak (Foto: Idsmag)

TIDAK hanya ibu, tetapi beberapa asupan yang diperoleh sang ayah akan berdampak pada tumbuh kembang anak pada masa kanak-kanaknya nanti. Sebuah studi mengungkapkan, asupan vitamin D saat pra-konsepsi dapat memengaruhi tinggi dan berat badan anaknya pada usia 5 tahun.

Studi yang dilakukan oleh Dr Cilia Mejia Lancheros dan rekan-rekannya dari University College Dublin menganalisis pentingnya asupan vitamin D bagi ayah dan pengaruhnya kepada anak-anak. Periset melibatkan 213 dan 148 pasangan ayah dan anak, dengan rentang usia anak masing-masing pasangan 5 dan 9 tahun.

Mereka diminta untuk mengukur berat badan dan tinggi anaknya. Peneliti juga memantau pengaruh usia, vitamin D, tingkat asupan energi, baik dari ayah maupun ibu sang anak. Peneliti melihat, asupan vitamin D dari sang ayah secara positif memberikan dampak bagi pertumbuhan berat badan dan tinggi anak mereka.

Lebih menariknya dari temuan tersebut, ditemukan tidak ada hubungan antara asupan vitamin D ibu selama trimester pertama dan kedua kehamilan dengan berat badan dan tinggi anak mereka.

Penulis juga mengatakan, anak berusia 5 tahun yang bermain di luar selama musim panas, memicu tubuh untuk memproduksi vitamin D, berkat paparan sinar matahari. Menghabiskan 3 jam atau lebih bermain di luar rumah selama akhir pekan, dikaitkan dengan peningkatan tinggi badan mereka.

Asupan vitamin D pada ayah secara signifikan dikaitkan dengan tinggi dan berat badan anak selama usia 5 tahun. Namun, hal ini tidak terlepas betapa pentingnya status gizi, kesehatan, dan sistem imun melawan kuman dalam tubuh ayah. Dengan demikian, nutrisi ibu mungkin bukan satu-satunya faktor kunci dalam pengembangan pertumbuhan dan kesehatan anak. Demikian disadur dari laman Zeenews, Sabtu (20/5/2017).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Berita Rekomendasi

Kesehatan Keluarga
Cari Berita Lain Di Sini