Image

Ada Benjolan di Ketiak? Ini Beberapa Penyebabnya

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 15:49 WIB
https img o.okeinfo.net content 2017 05 20 481 1695961 ada benjolan di ketiak ini beberapa penyebabnya TDF8EZIhE2.jpg Ilustrasi. (Foto: Hellosehat)

PERNAH meraba ketiak Anda? Apakah Anda menemukan benjolan di sana? Terkadang, terdapat benjolan di ketiak tanpa Anda sadari. Ini bisa disebabkan oleh berbagai macam penyakit atau kondisi tubuh Anda. Sehingga, penting bagi Anda untuk meraba ketiak Anda secara rutin sebagai langkah pemeriksaan dini.

Benjolan di ketiak bisa muncul karena terjadi pembesaran pada kelenjar getah bening di bawah lengan Anda. Kelenjar getah bening merupakan kelenjar yang terdapat di seluruh tubuh dan berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh Anda. Saat meraba ketiak Anda, Anda bisa merasakan benjolan itu terdapat dalam bentuk yang sangat kecil, atau mungkin bisa lebih besar dan terasa sekali saat diraba.

Kebanyakan benjolan di ketiak merupakan hal yang tidak berbahaya. Benjolan ini sering muncul karena pertumbuhan jaringan yang tidak normal. Namun begitu, benjolan ketiak juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan yang lebih serius.
Apa penyebab benjolan di ketiak?

Benjolan di ketiak bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kista atau infeksi, misalnya karena Anda sering mencukur bulu ketiak. Namun, benjolan ini juga dapat menjadi tanda dari masalah kesehatan yang lebih serius.

Beberapa penyebab umum dari benjolan di ketiak adalah:

   - Fibroadenoma, merupakan pertumbuhan jaringan ikat fibrosa bukan kanker Infeksi bakteri atau virus
   - Lipoma, di mana terjadi pertumbuhan jaringan lemak yang tidak berbahaya
   - Kista
   - Limfoma
   - Kanker payudara
   - Leukimia
   - Lupus
   - Infeksi jamur
   - Reaksi alergi terhadap deodoran atau sabun
   - Reaksi merugikan karena vaksinasi

Apa ciri-ciri benjolan di ketiak?
Gejala yang paling terlihat tentunya benjolan itu sendiri. Anda bisa menemukannya dengan merabanya perlahan. Benjolan ini dapat Anda temukan dalam ukuran sangat kecil sampai besar. Tekstur benjolannya pun bisa bervariasi tergantung dari apa yang menyebabkannya.

Benjolan yang disebabkan oleh kista, infeksi, atau lipoma biasanya bertekstur lunak saat diraba. Sedangkan, benjolan yang disebabkan oleh kanker payudara teksturnya lebih keras dan tidak bergerak saat disentuh. Lain lagi dengan benjolan karena kanker payudara, limfoma, dan leukimia, benjolan karena hal ini biasanya mempunyai gejala, seperti berubah ukurannya secara cepat atau tidak hilang.

Benjolan yang disebabkan oleh infeksi atau reaksi alergi biasanya sering dikaitkan dengan rasa sakit di ketiak dan benjolan terasa lebih lunak. Infeksi kelenjar getah bening juga dapat menyebabkan benjolan di ketiak terasa menyakitkan.

Benjolan yang disebabkan karena infeksi juga dapat menunjukkan gejala lain, seperti berikut ini:

   - Demam
   - Berkeringat di malam hari
   - Bengkak di seluruh kelenjar getah bening di tubuh

Hati-hati bila benjolan muncul di ketiak wanita
Walaupun benjolan di ketiak bisa ditemui pada wanita maupun pria, namun yang paling sering mengalami hal ini adalah wanita. Benjolan di bawah lengan pada wanita bisa menjadi tanda dari kanker payudara dan wanita lebih berisiko untuk mengalami penyakit tersebut dibandingkan dengan pria.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini