Image

Fidget Spinners Bantu Anak dengan ADHD dan Autisme Mengatasi Kegelisahan

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Sabtu 20 Mei 2017, 21:51 WIB
https img.okeinfo.net content 2017 05 20 481 1696083 fidget spinners bantu anak dengan adhd dan autisme mengatasi kegelisahan LsUGSkfoGH.jpg Fidget Spinner (Foto: Womenhealtmag)

PASTI Anda pernah mendengar fidget spinner, gadget kecil yang mampu mengurangi kegelisahan. Fidget spinner begitu populer baik di kalangan para muda. Gadget kecil ini memiliki tiga cabang yang bisa diputar di antara jari-jari Anda.

Pemintal kecil ini membantu anak-anak dengan ADHD, autisme, dan memiliki gangguan kecemasan. Seorang asal Florida menemukan pemintal gelisah ini untuk menenangkan anak-anak yang kerap melemparkan batu kepada poisi di Israel.

Gadget penangkal kegelisahan ini dikaitakan dengan membantu anak-anak dengan ADHD, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Abnormal Child Psychology. Para ahli percaya bahwa fidget spinner ini merupakan sebuah alat belajar.

Psikolog klinis John Mayer PhD, mengatakan pemintal ini memiliki manfaat terapeutik untuk mengendalikan kontrol emosi mereka. Namun, di sisi lain, fidget spinner memliki efek buruk distraksi ketika anak berada di dalam kelas.

Sementara Mayra Mendez, PhD, seorang psikoterapis mengatakan bahwa fidget spinners merupakan mainan yang menyenangkan. Pemintal ini hanya sekadar meredakan kecemasan mereka, terutama mereka yang suka melakukan perilaku sensorik. Namun, fidget spinners tidak mengobati autisme.

Bagi anak-anak yang sulit berkonsentrasi, Mayer menyarankan agar mereka lebih banyak melakukan keterampilan, membaca buku, berlatih menghafal materi. Demikian dilansir dari laman Womenshealthmag, Sabtu (20/5/2017).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini