nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Pakai Deodoran Tapi Masih Bau Badan? Ini Loh Penyebabnya

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Senin 22 Mei 2017 21:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 22 194 1697211 sudah-pakai-deodoran-tapi-masih-bau-badan-ini-loh-penyebabnya-q0AO8kxibi.jpg Bau Badan (foto: Intimatehealthhelp)

APLIKASI deodoran menjadi salah satu solusi untuk mencegah masalah bau badan. Biasanya deodoran diaplikasikan sesaat setelah mandi atau sebelum menggunakan pakaian.

Namun, yang kerap terjadi meski sudah mengaplikasikan deodoran, bau badan tetap tidak terhindarkan. Belum lagi bila ketiak justru menjadi gatal. Well, jika sudah begini tentu ada yang salah dalam pemilihan dan pengaplikasian deodoran Anda.

Nah, berikut adalah kesalahan memilih dan mengaplikasikan deodoran yang kerap terjadi, seperti dilansir Womenshealth, Senin (22/5/2017).

Menggunakan produk yang salah

Di pasaran memang sudah banyak produk yang bisa mencegah masalah bau badan. Sebaiknya, Anda memilih produk sesuai dengan kegiatan serta kebutuhan. Diungkapkan oleh ahli bedah kosmetik Mark Malek M.D., bila Anda khawatir dengan masalah bau badan bisa mengaplikasikan deodoran. Sementara, untuk Anda yang lebih banyak berkeringat bisa menggunakan antiperspirant.

Salah waktu pengaplikasian

Setelah memilih produk yang tepat, kini saatnya memerhatikan waktu pengaplikasian. Menurut Mark, deodoran bisa diaplikasikan kapan saja. Namun, untuk antiperspirant sebaiknya diaplikasikan saat sore atau malam hari saat Anda tidak sedang dalam keadaan berkeringat. Namun, tak ada aturan yang tepat, Anda bisa menggunakan kedua produk tersebut setelah mandi.

Aplikasi produk kurang banyak

Tergesa-gesa di pagi hari membuat aplikasi deodoran menjadi kurang maksimal. Inilah yang menyebabkan aroma tubuh saat siang atau sore hari menjadi kurang sedap.

"Anda harus menutup semua bagian kelenjar keringat secara menyeluruh," ujar Mark.

Produk yang digunakan terlalu wangi

Dianjurkan agar tidak mengaplikasikan produk deodoran atau antiperspirant terlalu wangi. Hal ini bisa membuat ketiak gatal lantaran iritasi, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif atau mengalami eksim. Agar tidak iritasi, sebaiknya gunakan deodoran pada pergelangan tangan untuk memastikan apakah produk tersebut menimbulkan reaksi alergi atau tidak.

Menggunakan deodoran yang sama

Sudah tepat menggunakan deodoran atau antiperspirant namun ketiak tetap basah? Mungkin saatnya Anda mengganti produk deodoran atau antiperspirant. Dituturkan dermatologi Delphine Lee, M.D., Ph.D, produk deodoran tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

"Ini bisa terjadi karena kelenjar keringat sudah beradaptasi. Tubuh bisa membuat pertahanan terhadap antiperspirant dan jika Anda tidak menghentikan keringat, ketiak akan lembap. Itu bisa memicu pertumbuhan mikroba yang berkontribusi terhadap bau badan yang tidak sedap," terang Delphine.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini