Pernah Dengar Istilah Five-Spice Powder? Yuk Cari Tahu

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 22 Mei 2017 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 22 298 1696884 pernah-dengar-istilah-five-spice-powder-yuk-cari-tahu-ahzy49s3tJ.jpg Ilustrasi (Foto: Thespruce)

BANYAK resep yang mencantumkan five spice powder sebagai salah satu komposisi masakan. Ini adalah campuran bumbu bubuk yang banyak digunakan sebagai perasa dalam berbagai masakan. Tapi tahukah Anda apa saja isi dari bumbu bubuk ini?

Bumbu racikan ini banyak ditemui di pasar atau rak sumpermarket. Keberadaannya mudah ditemui dan harganya terjangkau tapi tahukan Anda apa isi dari bumbu bubuk ini. Five spice powder adalah bumbu bubuk yang merupakan hasil racikan dari lima rempah antara lain merica Szechuan, cengkeh, adas, kayu manis dan kembang lawang.

Dilansir dari TheSpruce, Senin (22/5/2017), five spice powder merupakan racikan dari rempah yang masing masing menyumbang rasa dan aroma khas.

Kayu manis memiliki aroma khas yang harum dan sedikit aroma pedas rempah. Kayu manis bubuk memiliki warna coklat. Selain itu ada merica Szechuan, ini adalah rempah khas yang kerap digunakan masyarakat China dalam mengolah masakan. Warna rempah ini coklat kemerahan dan berasal dari tanaman semak berduri. Cita rasa dominannya adalah pedas.

Sementara itu ada bubuk cengkeh yang menyumbang rasa pedas dan manis, rempah bubuk ini juga menymbang aroma yang khas dan membuat masakan semakin menggoda. Star anise atau pekak atau kembang lawang adalah rempah yang punya rasa unik karena punya rasa pahit yang tipis. Terakhir ada komposisi adas yakni rempah yang menyumbang rasa manis dan rasa yang cukup menyengat.

Bumbu ini biasa digunakan sebagai tambahan dalam berbagai masakan mulai dari ikan, daging ataupun daging unggas. Berbagai teknik pemasakan juga bisa diterapkan untuk mengolah masakan dengan bumbu ini mulai dari menggoreng, memanggang ataupun mengukus. Tapi kebanyakan orang menggunakan bumbu bubuk ini sebagai bumbu marinasi untuk masakan yang dipanggang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini