Terdampar di Padang Pasir? Ini Trik Bertahan Hidup Mendapatkan Suplai Air

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 22 Mei 2017 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 22 298 1696972 terdampar-di-padang-pasir-ini-trik-bertahan-hidup-mendapatkan-suplai-air-WQC70k7yC5.jpg Ilustrasi Air (foto: Shutterstock)

TUBUH manusia memerlukan asupan air mineral untuk bertahan hidup. Anda bisa bertahan selama tiga minggu tanpa menyantap makanan. Sedangkan tanpa air, tubuh Anda hanya mampu bertahan selama 3 hari saja.

Berdasarkan fakta tersebut, TechInsider tergilitik untuk merilis sebuah video animasi yang memperagakan kiat ampuh untuk mendapatkan air ketika terdampar di padang pasir.

Video ini berisikan tips mencari air tawar dengan mengikuti beberapa cara praktis seperti melihat tanda-tanda kehidupan di sekitar sumber air, menciptakan perangkap hujan, hingga membelah tanaman tertentu.

Yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Food Beast, Senin (22/5/2017).

Tanda-tanda kehidupan

Jika Anda melihat beberapa binatang dan tumbuhan seperti burung, serangga, dan pohon kaktus di daerah tertentu, bisa jadi ada sumber mata air tersembunyi di sekitar daerah tersebut. Sisir lah daerah tersebut secara teliti hingga Anda menemukan tanda-tanda munculnya air.

Tumbuhan

Pohon kaktus dan akar merupakan alternatif terbaik jika Anda tidak dapat menemukan sumber mata air. Anda hanya perlu menghancurkan permukaan kaktus dengan sebuah batu, dan kucuran air pun akan mengalir.

Embun

Trik berikutnya mungkin sedikit terdengar aneh, namun juga bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk bertahan hidup di tengah padang pasir. Gantungkanlah baju Anda pada sebatang kayu semalaman.

Trik ini dimaksudkan agar embun pagi melekat pada baju tersebut. Pastikan Anda mengangkat baju sebelum matahari terbit, agar embun tidak mengering.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini