nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Paparan Polusi Udara Ganggu Kualitas Tidur

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 22 Mei 2017 22:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 05 22 481 1697206 paparan-polusi-udara-ganggu-kualitas-tidur-qMdwEPQQVC.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

POLUSI udara telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan. Salah satunya yakni mengganggu kualitas tidur Anda sepanjang hari.

WHO mengatakan bahwa setiap negara harus dapat mengurangi beban penyakit. Seperti akibat stroke, penyakit jantung, kanker paru-paru, dan penyakit pernapasan kronis dan akut, termasuk asma.

Kini, periset telah menghubungkan polusi udara dengan kualitas tidur yang buruk. Orang yang sering terpapar polusi yang mengandung nitrogen dioksida akan mengalaminya.

"Studi mengindikasikan kemungkinan tingkat polusi udara yang biasa dialami tidak hanya mempengaruhi penyakit jantung dan paru-paru, tapi juga kualitas tidur," kata Peneliti Martha E Billings, MD, MSc dari University of Washington.

Efeknya polusi udara menyebabkan iritasi saluran napas bagian atas, pembengkakan, serta memengaruhi sistem saraf pusat dan daerah otak.

Dalam penelitian tersebut, hampir 88 persen peserta memiliki efisiensi tidur yang lebih rendah. Lalu, 11 persen waktu bangun hampir 60 menit di tempat tidur.

Selanjutnya, orang dengan tingkat tertinggi NO2 selama lima tahun, memiliki kecenderungan hampir 60 persen memiliki efisiensi tidur rendah, dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat NO2 terendah.

Orang dengan eksposur tertinggi terhadap partikulat kecil, memiliki kemungkinan peningkatan yang hampir 50 persen memiliki efisiensi tidur rendah.

Paparan terhadap polusi udara dikaitkan dengan mortalitas kardiovaskular dan morbiditas paru, termasuk asma, PPOK, infeksi saluran pernapasan bagian bawah dan gangguan tidur.

Sementara itu, kurang tidur mengakibatkan depresi, masalah jantung, serta obesitas. Untuk penelitian ini, tim menganalisis data dari 1.863 peserta, dengan usia rata-rata 68 tahun. Demikian dilansir Zeenews, Senin (22/5/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini