Jangan Bingung, Begini Cara Mudah Berhenti Minum Alkohol

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 22 Mei 2017 23:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 22 481 1697209 jangan-bingung-begini-cara-mudah-berhenti-minum-alkohol-yYzZGJ6Tyy.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

BERUSAHA berhenti minum minuman beralkohol mungkin sulit. Sama halnya berhenti merokok, Anda membutuhkan niat dan usaha untuk mencapai tujuan itu. Efek samping konsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan gejala penarikan, seperti sakit kepala, depresi, dan kecemasan.

Ahli gizi Shikha Gupta dari India menyebutkan beberapa makanan yang sekiranya dapat membantu Anda minum minuman beralkhol, dilansir dari laman Thehealthsite, Senin (22/5/2017).

Biji labu dan biki rami

Biji-bijian ini mengandung asam amino yang tinggi. Kandungannya bermanfaat dalam menstabilkan mood Anda pada gilirannya akan membantu memutus siklus kecanduan alkohol.

Dandelion

Fungsi jaringan hati akan terganggu setelah mendapatkan paparan alkohol secara intens. Bila Anda ingin berhenti minum minuman beralkohol. dandelion dapat berkontribusi untuk meremajakan jaringan hati dan meningkatkan kerja empedu.

Kurma

Kurma dapat meredam nafsu makan, menggantikan nutrisi yang hilang, dan membantu membersihkan racun dari hati. Rendamlah 4-5 buah kurma ke dalam secangkir air, buang bijinya, dan aduk. Minumlah satu sampai dua bulan untuk mengembalikan fungsi hati.

Minyak kelapa

Minum alkohol menyebabkan stres oksidatif yang pada gilirannya dapat mengganggu metabolisme. Minyak kelapa kaya akan antioksidan yang membantu menyehatkan dan mengembalikan metabolisme. Cukup tambahkan satu sampai dua sendok minyak kelapa murni ke dalam makanan setiap hari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini