Penuh Gizi, Nih Manfaat Minum Susu untuk Ibu Hamil

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 23 Mei 2017 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 23 481 1697642 penuh-gizi-nih-manfaat-minum-susu-untuk-ibu-hamil-oM85mEwq4K.jpg Ilustrasi (Foto: Momjunction)

SUSU sebagai sumber pelengkap kebutuhan kalsium ibu hamil. Manfaatnya banyak, termasuk dapat membantu memperkuat pertumbuhan tulang dan gigi janin dalam kandungan.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Taufik Jamaan SpOG menjelaskan, minum susu merupakan salah satu cara untuk melengkapi gizi ibu hamil. Karena itu, usahakan untuk mengonsumsinya setiap dua kali sehari.

"Susu punya banyak kandungan, terdiri dari zat besi, kalsium, vitamin B6 dan asam folat yang sudah ditentukan," ujar dr Taufik saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 22 Mei /2017.

Dari semua kandungan itu, ada manfaatnya masing-masing. Apa saja kira-kira?

Kandungan kalsiumnya dapat menguatkan tulang ibu dan janinnya. Asam folat dan zat besi bisa mendukung tumbuh kembang otak janin. Sementara vitamin B6 dapat mencegah efek mual di saat kehamilan.

"Minum susu malah bisa mencegah mual. Tapi kalau rasanya sangat mual, sebaiknya minum susu rutin dimulai dari trimester kedua," katanya.

Bahkan, menurut dr Taufik, kebiasaan minum susu juga dilanjutkan hingga masa menyusui. Kapanpun Anda harus mendapatkan asupan gizi cukup untuk mencegah kekurangan energi, serta mencegah bayi lahir dengan berat rendah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini