Share

5 Khasiat Makan Jambu Klutuk untuk Kesehatan Anda

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 24 Mei 2017 05:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 23 481 1697733 5-khasiat-makan-jambu-klutuk-untuk-kesehatan-anda-UaPfL75Y7L.jpg Jambu klutuk (Servingjoy)

JAMBU biji adalah salah satu buah yang paling mudah dijumpai di Indonesia. Buah yang juga disebut sebagai jambu klutuk ini dikenal dapat membantu penyembuhan penyakit demam berdarah.

Tapi, ternyata, khasiat dari jambu biji tidak hanya berhubungan dengan penyakit demam berdarah. Buah ini memberikan sejumlah manfaat kesehatan lain yang perlu Anda ketahui.

Berikut 5 khasiat jambu biji untuk kesehatan Anda yang dilansir dari Thealthbenefitsof, Rabu (24/5/2017):

Menyehatkan pencernaan

Telah terbukti, banyaknya kandungan serat alami pada jambu biji dapat menyehatkan pencernaan. Serat berguna untuk menghaluskan pergerakan usus dan mempermudah buang air besar dalam mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu, jambu biji juga kaya vitamin B kompleks, sehingga bermanfaat menjaga kesehatan tubuh.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang berbahaya. Karena, dalam beberapa kasus, tekanan darah tinggi bisa sampai mengakibatkan kematian. Manfaat jambu biji dalam menurunkan tekanan darah juga sudah diketahui dan terbukti. Tingginya kalium pada jambu biji dapat menstabilkan tekanan darah dan mencegah hipertensi.

Menjaga fungsi kelenjar tiroid

Manfaat jambu biji juga mampu menjaga kesehatan tiroid. Kandungan tembaga yang terkandung pada jambu biji telah terbukti efektif untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid. Ingat, jika terjadi gangguan kelenjar tiroid, maka akan menyebabkan timbulnya penyakit serius dan berbahaya.

Membantu penyerapan nutrisi

Kandungan mangan dalam jambu biji sangat penting bagi tubuh. Kandungan tersebut akan membantu dalam menyerap berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Jambu kaya magnesium

Jambu biji kaya magnesium, sehingga berkhasiat untuk relaksasi. Selain itu, berkat kandungan magnesium, makan jambu biji juga membantu mengendurkan otot saraf tubuh. Bahkan, mengonsumsi jambu biji rutin setelah beraktivitas bisa mengembalikan stamina yang hilang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini