Sering Terlupakan, Begini Caranya Menjaga Kesehatan Rahim

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 24 Mei 2017 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 23 481 1698255 sering-terlupakan-begini-caranya-menjaga-kesehatan-rahim-JVTGhUZGhD.jpg Ilustrasi (Foto: Readersdigest)

RAHIM memiliki otot-otot terkuat di dalam tubuh. Organ yang memegang peranan penting dalam proses pertumbuhan bayi ini sepatutnya dihargai. Karena pemilihan gaya hidup yang salah, nutrisi buruk, kebiasaan malas bergerak, dapat meningkatkan kejadian histerektomi (pengangkatan rahim) dan operasi caesar.

Bila tidak ingin terjadi, ada beberapa cara menjaga kesehatan rahim yang perlu Anda lakukan, Ladies. Yuk simak penjelasnnya, seperti dikutip dari Thehealthsite, Rabu (24/5/2017).

Jangan suka menahan pipis

Terlalu sering menahan pipis dapat menyebabkan infeksi di area Miss V dan panggul karena adanya akumulasi racun. Bila toksin tinggal di dalam sistem tubuh terlalu lama, dapat menimbulkan penyakit dan masalah pada rahim.

Hindari duduk dalam jangka waktu lama

Anda memang perlu melakoni pekerjaan untuk mencari nafkah. Namun, bukan berarti kesehatan tubuh dilupakan begitu saja. Duduk terlalu lama dapat menghambat sirkulasi darah dan energi di area pelvis. Pada gilirannya, hal ini menyebabkan dinding rahim menjadi lebih tebal dan meningkatkan kemungkinan terjadinya endometriosis.

Tidak untuk makanan cepat saji

Kelezatan makanan cepat saji memang tidak bisa dipungkiri. Tapi nutrisi yang terkandung di dalamnya pasti kalah dibandingkan makanan rumahan. Terlalu sering mengonsumsi makanan olahan bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan berakibat pada jumlah estrogen yang tinggi.

Asupan lemak sehat

Menghindari lemak jenuh seperti yang ada di makanan cepat saji baik adanya. Tapi janganlah membatasi asupan lemak sehat, seperti alpukat, minyak kelapa, dan minyak biji rami. Makanan ini dapat melembapkan dan memperbaiki jaringan rahim yang rusak. Bagaimanapun, rahim perlu terhidrasi dan terjaga kesehatannya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini