3 Faktor Terbanyak Wanita Sering Gagal Hamil

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 23 Mei 2017 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 23 481 1698280 3-faktor-terbanyak-wanita-sering-gagal-hamil-m3xz3NcOdy.jpg Ilustrasi (Foto: Sexhealthtips)

TAK sedikit wanita yang tinggal di perkotaan sering mengalami kegagalan saat melakukan program hamil. Penyebabnya cukup banyak dan bisa segera dicegah.

Dijelaskan Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Taufik Jamaan SpOG, ada tiga penyebab yang paling sering membuat wanita gagal hamil. Berikut ulasannya yang dirangkum Okezone, Selasa (23/5/2017).

Kondisi rahim tidak bagus

dr Taufik mengatakan, program hamil yang gagal banyak kasusnya. Biasanya karena faktor rahim dan kesiapan rahim tidak baik. Dokter harus melihat kondisi ini, jika tidak dapat memicu keguguran.

"Karena rahim tidak siap karena faktor genetik sel sperma dan sel telur yang tidak bisa mengalami ovulasi," katanya, ditemui di kawasan Kebayoran Baru, belum lama ini.

Faktor lingkungan

Ibu hamil yang terlalu lelah pada trimester pertama harus membutuhkan istirahat. Bedrest akan menolong ibu hamil untuk menyeimbangkan tubuhnya. Atau masalah kurang gizi juga dapat memicu masalah gagal hamil yang juga banyak dialami wanita.

Penyakit autoimun

Wanita sangat rentan mengalami penyakit autoimun. Bayi dianggap oleh tubuh sebagai benda asing. Atau ibu hamil mengalami masalah penggumpalan darah yang membahayakan janin.

"Untuk mengatasinya harus diberikan obat pengencer darah agar bayinya aman. Diberi juga obat-obatan yang berkaitan dengan hormon untuk mengatasi masalah ini," simpulnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini