Hati-Hati Ladies! Minum Alkohol Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 24 Mei 2017 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 24 481 1698639 hati-hati-ladies-minum-alkohol-meningkatkan-risiko-kanker-payudara-AIPresyEdb.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

WANITA harus mulai membatasi kebiasaan minum alkohol. Karena, sebuah studi mengatakan, hanya minum 1 gelas anggur atau minuman beralkohol lainnya setiap hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Laporan dari American Institute for Cancer Research (AICR) dan World Cancer Research Fund (WCRF), menganalisis sekira 119 penelitian, termasuk data pada 12 juta wanita dan 260.000 kasus kanker payudara.

Ditemukan bukti kuat bahwa minum segelas anggur atau bir dalam satu hari (sekira 10 gram alkohol), meningkatkan risiko kanker payudara pra-menopause sebesar 5 persen. Sementara untuk pasca-menopause risiko kanker payudara meningkat menjadi 9 persen karena gaya hidup tersebut.

Penelitian ini juga menganalisis data dari sekira 12 juta wanita, menemukan untuk pertama kalinya bahwa aktivitas fisik seperti berlari atau bersepeda mengurangi risiko kanker payudara.

Penelitian ini menemukan, wanita pasca-menopause yang berolahraga rutin memiliki risiko 17 persen lebih rendah terkena kanker payudara. Sedangkan, wanita pasca menopause memiliki risiko 10 persen lebih rendah terkena kanker payduara dibandingkan mereka yang tidak aktif secara fisik. Aktivitas moderat total, seperti berjalan kaki dan berkebun, terkait dengan risiko 13 persen lebih rendah saat membandingkan wanita paling banyak dengan paling tidak aktif.

"Di manapun Anda berada dengan aktivitas fisik, cobalah untuk mendorongnya sedikit leibh lama atau sedikit lebih keras," ujar Alice Bender dari American Institute for Cancer Research yang dikutip Zeenews, Selasa (24/5/2017).

Lebih lanjut, laporan penelitian juga menemukan, kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko kanker payudara pasca-menopause. Selain itu, ibu menyusui berisiko lebih rendah terkena kanker payudara dan kenaikan berat badan orang dewasa meningkatkan risiko kanker payudara pasca-menopause.

"Dengan laporan yang komprehensif dan terkini, bukti ini jelas, memiliki gaya hidup aktif secara fisik, mempertahankan berat badan yang sehat sepanjang hidup dan membatasi minum alkohol, inilah semua langkah yang dapat dilakukan wanita untuk menurunkan risiko kanker payudara," tutur Anne McTiernan dari Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson di Amerika Serikat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini